Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Ber...

Baca Juga..

ABSTRAK

Kata kunci: Prestasi belajar, Problem Posing.

Pembelajaran IPA (sains) saat ini masih menggunakan sistem pembelajaran yang bersifat konvensional yaitu pembelajaran terpusat pada guru (teacher centered). Sistem pembelajaran tersebut juga diterapkan di SMUN I Lawang, hal itu akan dapat menyebabkan siswa menjadi pasif.

Baca Juga..

Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) mengetahui prestasi belajar fisika manakah yang lebih tinggi antara siswa yang diajar melalui pendekatan problem posing berbasis aktivitas dibandingkan dengan siswa yang diajar dengan pendekatan konvensional, (2) mengetahui kemampuan siswa dalam merumuskan soal pada kelas yang diajar dengan pendekatan problem posing berbasis aktivitas.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SMUN I BJM tahun ajaran 2002/2003. Diantara 10 kelas yang ada dilakukan pengambilan sampel secara acak. Penelitian ini bersifat eksperimental semu, yang melibatkan variabel perlakuan berupa model pembelajaran dengan menggunakan pendekatan problem posing berbasis aktivitas yang dikenakan pada kelas eksperimen dan pada kelas kontrol menggunakan pendekatan konvensional untuk pokok bahasan getaran dan gelombang. Rancangan ini melibatkan dua kelas sampel, maka desain penelitian yang digunakan adalah Pre-test dan Post-test Control Group Desain. Kerangka rancangan dimulai dari uji coba instrumen dan pengambilan data, analisis uji instrumen dan analisis data serta uji hipotesis menggunakan uji-t satu pihak.
Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) prestasi belajar fisika bagi siswa yang diajar melalui pendekatan problem posing berbasis aktivitas lebih tinggi dibandingkan dengan prestasi belajar fisika bagi siswa yang diajar melalui pendekatan konvensional, yang terlihat dari nilai rata-rata prestasi untuk kelas eksperimen adalah 84,47 sedangkan nilai rata-rata prestasi untuk kelas kontrol adalah 68,50 dan juga dilihat dari thitung - ttabel yaitu diperoleh thitung = 7,426 sedangkan ttabel (72; .05) = 2,647 (2) kemampuan merumuskan soal bagi kelas yang diajar melalui pendekatan problem posing berbasis aktivitas tergolong sangat baik yaitu mencapai 84,7 %.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit : skripsi hukum skripsi ugm skripsi semester 9 variabel x y skripsi skripsi csr e skripsi usm skripsi valuasi ekonomi Free Download Skripsi contoh skripsi s pdi skripsi bahasa jawa uny skripsi iso 9001 skripsi 6 bab skripsi data mining skripsi yang menggunakan analisis jalur skripsi rantai pasok

Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Ber... adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Senin 21 April 2025
Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Ber... Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Ber... Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Ber... Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Ber...

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Prestasi Belajar Fisika Pokok Bahasan Getaran Dan Gelombang Melalui Pendekatan Problem Posing Ber..."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel