Kolerasi Antara Pemberian Penguatan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar
Baca Juga..
- 33. Studi Tentang Metode Pembelajaran Active Learning Di Kanitalazuardi Global Islamic School Griya Cinere I, Depok
- 35. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Fisika Berbasis Strategi Active Learning Pada Materi Fluida Statis Sma Barrang Lompo
- 34. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Fisika Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Elastisitas Bahan Pada Peserta Didik Kelas X Sma Barrang Lompo
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dalam UU. NO. 20 Tahun 2003 dinyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar atau terencana yang dilakukan oleh manusia untuk mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri serta keterampilan yang diperlukan bagi diri dan masyarakat, bangsa, dan negara. Sedangkan menurut undang-undang Pendidikan Nasional pasal I ayat I dijelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh manusia untuk menyiapkan peserta didik yang dapat diwujudkan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Dalam mewujudkan tujuan nasional sebagaimana yang tertulis dalam undang-undang di atas, berbagai upaya pendekatan yang dilakukan oleh guru salah satunya adalah pemberian penguatan. Pemberian penguatan merupakan suatu respon guru terhadap jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau hal-hal lain yang dapat menambah motivasi siswa dalam proses belajar mengajar. Oleh sebab itu dalam proses belajar mengajar guru harus memiliki berbagai keterampilan agar kegiatan belajar mengajar berlangsung secara efektif dan efisien, sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.
Kenyataan menunjukan bahwa tingkat prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru di sekolah. Semakin tepat metode yang digunakan, maka semakin baik hasil yang diperoleh. Seorang guru dapat menyampaikan materi dengan metode yang bervariasi untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan siswa, sehingga dapat menambah minat dan perhatian belajar siswa serta menjadi motivasi bagi mereka dalam belajar mengajar. Salah satu metode yang dimaksud adalah pemberian penguatan.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merasa tertarik untuk memilih penelitian yang terkait dengan tersebut dengan judul “Korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : Apakah ada korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007?.
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah : Untuk Mengetahui Korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007.
D. Kegunaan Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu:
PENDAHULUAN
Dalam UU. NO. 20 Tahun 2003 dinyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar atau terencana yang dilakukan oleh manusia untuk mewujudkan suasana belajar dalam proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi diri untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri serta keterampilan yang diperlukan bagi diri dan masyarakat, bangsa, dan negara. Sedangkan menurut undang-undang Pendidikan Nasional pasal I ayat I dijelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar yang dilakukan oleh manusia untuk menyiapkan peserta didik yang dapat diwujudkan melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan pelatihan bagi peranannya di masa yang akan datang.
Baca Juga..
- 33. Studi Tentang Metode Pembelajaran Active Learning Di Kanitalazuardi Global Islamic School Griya Cinere I, Depok
- 35. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Fisika Berbasis Strategi Active Learning Pada Materi Fluida Statis Sma Barrang Lompo
- 34. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Fisika Berbasis Guided Inquiry Pada Materi Elastisitas Bahan Pada Peserta Didik Kelas X Sma Barrang Lompo
- Studi Tentang Metode Pembelajaran Active Learning Di Kanitalazuardi Global Islamic School Griya Cinere I, Depok
Kenyataan menunjukan bahwa tingkat prestasi belajar siswa sangat dipengaruhi oleh metode yang digunakan oleh guru di sekolah. Semakin tepat metode yang digunakan, maka semakin baik hasil yang diperoleh. Seorang guru dapat menyampaikan materi dengan metode yang bervariasi untuk menghilangkan kebosanan dan kejenuhan siswa, sehingga dapat menambah minat dan perhatian belajar siswa serta menjadi motivasi bagi mereka dalam belajar mengajar. Salah satu metode yang dimaksud adalah pemberian penguatan.
Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti merasa tertarik untuk memilih penelitian yang terkait dengan tersebut dengan judul “Korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007”.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah tersebut di atas maka dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : Apakah ada korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007?.
C. Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah : Untuk Mengetahui Korelasi antara Pemberian Penguatan terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar pada Bidang Studi Ekonomi di MTs. Yusuf Abdussatar Kediri Tahun Ajaran 2006/2007.
D. Kegunaan Penelitian
Adapun kegunaan penelitian ini dapat diklasifikasikan menjadi dua macam yaitu:
Tag Favorit : skripsi tentang pendidikan uji f skripsi skripsi virtual reality Teknik Elektro e skripsi usm bab i skripsi pdf contoh skripsi d iv kebidanan skripsi 3 variabel sdm skripsi semester 6 skripsi organizational citizenship behavior skripsi jurusan biologi skripsi 3 variabel IPS Kebidanan Matematika skripsi sampai bab 6
Kolerasi Antara Pemberian Penguatan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "Kolerasi Antara Pemberian Penguatan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas II Pokok Bahasan Pasar"
Posting Komentar