Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Atas Jasa Transportasi Laut

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat kualitas pelayanan pada PT I-Logistic Baltrans Indonesia menurut pendapat responden, dan (2) menguji pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas konsumen pada jasa transportasi laut PT I-Logistic Baltrans Indonesia.
Sumber data dalam penelitian ini bersifat data primer, yaitu data yang diambil langsung di lapangan dengan menyebarkan instrumen penelitian berupa kuesioner. Data yang dihasilkan berbentuk data interval, yaitu jawaban responden terhadap butir-butir pertanyaan dengan interval menggunakan skala likert, yaitu interval 1 sampai dengan 5. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling sebanyak 65 orang. Terdapat 2 responden yang mengisi tidak lengkap sehingga jumlah data adalah 63 responden. Teknik analisis data menggunakan: Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen, Statistik deskriptif, Uji Korelasi, Uji Regresi, dan Uji t.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, kualitas pelayanan pada jasa transportasi laut PT I-Logistic Baltrans Indonesia telah memiliki hasil yang “baik”. Hal itu diketahui dari perolehan rata-rata hasil kuesioner untuk tiap indikator yang menunjukkan hasil “baik”, dengan nilai tertinggi pada indikator adanya usaha perusahaan untuk mengerti akan kebutuhan konsumen yang bersifat khusus (pick up dokumen, dan sebagainya).
Loyalitas konsumen terhadap jasa transportasi laut PT I-Logistic Baltrans Indonesia juga telah termasuk ke dalam kategori tinggi. Hal itu menunjukkan bahwa loyalitas konsumen mayoritas dipengaruhi oleh kualitas pelayanan. Kesimpulan ini merupakan asumsi awal untuk memprediksi adanya pengaruh antara variabel Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen atas jasa transportasi laut perusahaan.
Asumsi dari perhitungan statistik deskriptif di atas didukung oleh Uji korelasi, uji regresi, dan uji t, di mana diperoleh kesimpulan bahwa Kualitas Pelayanan (X) memiliki pengaruh positif, searah dan signifikan terhadap Loyalitas Konsumen. Hal ini menunjukkan bahwa faktor krusial yang mempengaruhi loyalitas konsumen adalah kualitas pelayanan yang ditawarkan, yaitu dari segi jaminan, kepercayaan, reputasi perusahaan dan sebagainya.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit : skripsi n gain skripsi analisis skripsi bmt Fisipol skripsi 5r skripsi generasi z skripsi novel IPS Kebidanan skripsi 5s PTK skripsi jual beli PTK - Pendidikan Agama Islam skripsi ptk pgsd skripsi sistem informasi akuntansi skripsi impulse buying

Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Atas Jasa Transportasi Laut adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Selasa 18 Maret 2025
Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Atas Jasa Transportasi Laut Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Atas Jasa Transportasi Laut Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Atas Jasa Transportasi Laut Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Atas Jasa Transportasi Laut

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "Kualitas Pelayanan Dalam Meningkatkan Loyalitas Konsumen Atas Jasa Transportasi Laut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel