Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Guru Sekolah Dasar Terhadap Makanan Yang Mengandung Bahan Tambahan Pangan Dan Bahan Kimia Berbahaya Pada Sekolah Dasar
Baca Juga..
- Uji Efek Ekstrak Etanol Biji Mahoni (Swietenia mahagoni Jacq) Terhadap Penurunan Kadar Gula Darah Tikus Putih#
- Pengaruh Penggunaan Vitamin C Pada Khasiat Antipiretik Parasetamol Pada Merpati Jantan (Columba livia)#
- Karakteristik Penderita Tuberkulosis Paru Yang Berobat Dengan Menggunakan Strategi Dots Di Puskesmas Gunung Sitoli Tahun 2000-2004#
ABSTRAK
Makanan yang mengandung Bahan Tambahan Pangan dan bahan kimia
berbahaya adalah makanan ya ng didalamnya ditambahkan bahan -bahan pangan dan
bahan kimia. Hal ini bertujuan untuk membuat cita rasa, warna, tekstur dari makanan
menjadi lebih baik. Penggunaan BTP secara berlebihan dan bahan kimia pada makanan
akan sangat membahayakan kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Perilaku guru
tentang kesehatan khususnya makanan yang mengandung BTP sangat diperlukan karena
mereka merupakan informan terbaik dalam menyampaikan informasi tentang makanan
yang mengandung BTP dan bahan kimia berbahaya kepada masyar akat terutama kepada
anak didiknya di sekolah.
Metode penelitian ini adalah survei yang bersifat deskriptif. Sampel penelitian ini
sebanyak 35 responden yang merupakan total populasi. Data dikumpulkan melalui
kuesioner dan wawancara kemudian disajikan dal am bentuk tabel distribusi frekuensi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap dan
tindakan guru sekolah dasar terhadap makanan yang mengandung BTP dan Bahan Kimia
Berbahaya pada Sekolah Dasar di Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 65,72% responden memiliki
pengetahuan dalam kategori baik, 60% responden memiliki sikap dalam kategori baik
dan 51,42% responden memiliki tindakan dalam kategori sedang terhadap makanan yang
mengandung BTP dan Bahan Kimia Berbahaya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan sikap
responden sudah baik, tetapi tindakan responden pada umumnya berada pada kategori
sedang. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada pihak sekolah khususnya guru agar
lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi terutama makanan yang
mengandung BTP serta lebih meningkatkan pengawasan terhadap makanan yang dijual di
lingkungan sekolah.
Makanan yang mengandung Bahan Tambahan Pangan dan bahan kimia
Baca Juga..
- Pengaruh Penggunaan Vitamin C Pada Khasiat Antipiretik Parasetamol Pada Merpati Jantan (Columba livia)#
- Karakteristik Penderita Tuberkulosis Paru Yang Berobat Dengan Menggunakan Strategi Dots Di Puskesmas Gunung Sitoli Tahun 2000-2004#
- 481. Gambaran Sistem Penyimpanan Obat Di Gudang Farmasi RS Asri
- 480. Analisis Sistem Penyimpanan Obat Di Gudang Farmasi Rumah Sakit Mulya
berbahaya adalah makanan ya ng didalamnya ditambahkan bahan -bahan pangan dan
bahan kimia. Hal ini bertujuan untuk membuat cita rasa, warna, tekstur dari makanan
menjadi lebih baik. Penggunaan BTP secara berlebihan dan bahan kimia pada makanan
akan sangat membahayakan kesehatan orang yang mengkonsumsinya. Perilaku guru
tentang kesehatan khususnya makanan yang mengandung BTP sangat diperlukan karena
mereka merupakan informan terbaik dalam menyampaikan informasi tentang makanan
yang mengandung BTP dan bahan kimia berbahaya kepada masyar akat terutama kepada
anak didiknya di sekolah.
Metode penelitian ini adalah survei yang bersifat deskriptif. Sampel penelitian ini
sebanyak 35 responden yang merupakan total populasi. Data dikumpulkan melalui
kuesioner dan wawancara kemudian disajikan dal am bentuk tabel distribusi frekuensi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap dan
tindakan guru sekolah dasar terhadap makanan yang mengandung BTP dan Bahan Kimia
Berbahaya pada Sekolah Dasar di Kelurahan Labuhan Deli Kecamatan Medan Marelan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 65,72% responden memiliki
pengetahuan dalam kategori baik, 60% responden memiliki sikap dalam kategori baik
dan 51,42% responden memiliki tindakan dalam kategori sedang terhadap makanan yang
mengandung BTP dan Bahan Kimia Berbahaya.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengetahuan dan sikap
responden sudah baik, tetapi tindakan responden pada umumnya berada pada kategori
sedang. Oleh karena itu peneliti menyarankan kepada pihak sekolah khususnya guru agar
lebih teliti lagi dalam memilih makanan yang akan dikonsumsi terutama makanan yang
mengandung BTP serta lebih meningkatkan pengawasan terhadap makanan yang dijual di
lingkungan sekolah.
Tag Favorit : skripsi regulasi emosi skripsi penelitian kualitatif skripsi h+m Ekonomi Dan Studi pembangunan skripsi regulasi emosi skripsi zakat profesi skripsi pgsd skripsi jurusan manajemen skripsi novel 86 skripsi teknik informatika skripsi 4 variabel manajemen pemasaran skripsi sdm skripsi xl axiata Pendidikan Biologi Administrasi Publik
Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Guru Sekolah Dasar Terhadap Makanan Yang Mengandung Bahan Tambahan Pangan Dan Bahan Kimia Berbahaya Pada Sekolah Dasar adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Guru Sekolah Dasar Terhadap Makanan Yang Mengandung Bahan Tambahan Pangan Dan Bahan Kimia Berbahaya Pada Sekolah Dasar"
Posting Komentar