431. Penggunaan Media Film Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa

ABSTRAK Dalam menyampaikan pesan pendidikan agama diperlukan media pembelajaran. Media pendidikan agama adalah sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan pendidikan agama dari pengirim pesan dalam hal ini adalah seorang guru kepada siswanya, agar dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, minat serta motivasi belajar siswa sehingga terlaksananya proses belajar mengajar khususnya pendidikan agama. Bertolak dari latar belakang tersebut penulis mengadakan penelitian tentang penggunaan media film dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MAN Gondanglegi Malang. Berdasarkan judul diatas maka fokus kajian skripsi ini sebagaimana rumusan masalah adalah sebagai berikut: bagaimana proses pelaksanaan penggunaan media film dalam meningkatkan pemahaman keagamaan siswa, Apakah media film yang digunakan dapat meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MAN Gondanglegi. Berdasarkan pada rumusan masalah tersebut, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses pelaksanaan penggunaan media film di MAN Gondanglegi, faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat pelaksanaan penggunaan media film, dan untuk mendeskripsikan apakah penggunaan media film dapat meningkatkan pemahaman keagamaan siswa di MAN Gondanglegi Malang. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan informannya adalah kepala bagian humas, kepala bagian kurikulum, dan tiga orang guru PAI di MAN Gondanglegi Malang. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan teknik analisis kualitatif Deep Observasi, yaitu mendeskripsikan dan menginterpretasikan data-data yang telah didapat sehingga akan menggambarkan realitas yang sebenarnya sesuai dengan fenomena yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses penggunaan media film di MAN Gondanglegi Malang bisa dikatakan baik dilihat dari kedisiplinannya,antusias siswa, suasana belajar mengajar yang kondusif dan juga dari hasil wawancara, kemudian didukung oleh dokumen rencana pembelajaran, silabus dan transkip nilai PAI siswa-siswi MAN Gondanglegi. Faktor pendukung dari penggunaan media film yaitu tersedianya gedung laboratorium yang memadai, layar lebar, LCD, komputer serta tersedianya film-film penunjang materi, sedangkan faktor penghambatnya adalah kurang koleksi film terutama film yang bernuansa islami dan gedung laboratorium sehingga harus bergantian dengan kelas yang lain. Adapun proses pembelajaran dengan menggunakan media film tidak jauh beda dengan pembelajaran menggunakan media lainnya, akan tetapi dalam penggunaan media film guru dituntut untuk kreatif dan selektif dalam memilih film sesuai dengan materi yang diajarkan. Pembelajaran dengan menggunakan media film ini mempermudah siswa dalam memahami materi sehingga mempunyai persamaan persepsi antara siswa yang satu dengan siswa lainnya. Dengan menggunakan media film maka pemahaman keagamaan siswa semakin meningkat, dapat dilihat dari perilaku keagamaan siswa yang semakin baik yaitu dengan indikator ber’akhlak baik, beriman, dan bertakwa.selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman keagamaan siswa ditunjang dengan berbagai kegiatan keagamaan antara lain shalat berjamaah, dibaiyah, tahlil. File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

431. Penggunaan Media Film Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

431. Penggunaan Media Film Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa 431. Penggunaan Media Film Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa 431. Penggunaan Media Film Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa 431. Penggunaan Media Film Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa

Belum ada Komentar untuk "431. Penggunaan Media Film Dalam Meningkatkan Pemahaman Keagamaan Siswa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel