442. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya

ABSTRAK Pendidikan adalah suatu kebutuhan bagi manusia untuk meningkatkan pengetahuan. Dalam dunia pendidikan agama islam akhir-akhir ini sering dilandasi oleh berbagai tantangan global yang menjadi problem, jika menengok ke masa lalu yaitu pada masa abasyiah di mana pendidikan waktu itu sangat maju sehingga melahirkan kaum intelektual dan jenius dalam bidang keagamaan. Dengan melihat hal seperti itu bila dikaitkan pada era global seperti pada saat ini sesungguhnya pendidikan khususnya pendidikan agama islam malah semakain terpuruk. Dengan semakian majunya dunia tekhnologi maka akan berdampak pada keterpuruknya dunia pendidikan islam khususnya dikalangan anak-anak remaja, bentuk problematika pendidikan agama islam seperti ini pemerintah perlu menginovasinya agar pendidian islam bisa mencapai puncak seperti pada zaman keemasan dahulu. Sebagaimana pendapatnya Syamsul Ma’rif pendidikan agama islam saat ini, sungguh masih dalam kondisi yang mengenaskan dan memprihatinka karena pendidikan agama islam mengalami keterpurukan jauh tertinggal denan pendidikan Barat. Akibata dari timbulnya problem tersebut baik dari segi anak didik, pendidik, kurikulum dan sarana dan prasarana serta lingkungan hampir adanya problematika. Berangkat dari latar belakang itulah penulis kemudian ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul problematika pendidikan agama islam dan upaya-upaya pemecahannya. Problematikan yang timbul dalam dunia pendidikan agama islam akhirakhir ini disebabkan karena beberapa faktor yaitu faktor internal, faktor institusional dan faktor eksterna, selain itu karena adanya dikotomisasi antara pendidikan umum dan pendidikan agama islam sehingga pendidikan agama islam tidak terlalu diperohatikan oleh pemerintah dan akhirnya masyarakatpun tidak menganggap penting terhadap pembelajaran pendidikan agama islam. Adapun tujuannya dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui latar belakang timbulnya problematikan pendidikan agama islam, untuk mengetahui kendala-kendala yang terjadi dalam pemecahan problematika pendidikan agama islam, serta untuk mengetahui upaya-upaya yang dilakukan oleh guru dalam pemecahan problematika pendidikan agama islam. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan selama mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumetasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan tekhnik analisisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa datadata yang tertulis, data lisan dari pihak-pihak yang berkaitan di lokasi penelitian sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan kata-kata secara menyeluruh tentang keadaan yang terjadi di lapangan. Hasil dari peneletian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasanya peneliti mencoba menawarkan solusi sebagai suatu alternatif untuk memecahkan problematika pendidikan agama islam yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, melengkapi sarana dan prasarana dan memperbaiki lingkungan sekolah dan sekitarnya. Bila ada alternatif lain maka hal itu dapat dijadikan suatu masukan untuk memperbaiki pendidikan agama islam dalam skripsi ini.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

442. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

442. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya 442. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya 442. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya 442. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya

Belum ada Komentar untuk "442. Problematika Pendidikan Agama Islam Dan Upaya-Upaya Pemecahannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel