ABSTRAK Guru Pendidikan agama Islam adalah orang yang memberikan ilmu pengetahuan dengan tujuan mencerdaskan dan membina akhlak peserta didik agar menjadi orang yang berkepribadian baik. Dalam proses pembinaan akhlak siswa, seorang guru pendidikan agama Islam dalam menyampaikan materi harus memiliki metode yang tepat karena dengan adanya metode pembinaan akhlak yang tepat, mampu membuat suasana belajar yang efektif, kondusif, dan menyenangkan. Materi akhlak adalah salah satu materi yang paling mendominasi dalam pembentukan kepribadian siswa. Bila pemberian materi ini secara maksimal telah diupayakan oleh guru agama, seharusnya bisa dipastikan akhlak peserta didik akan menjadi lebih baik. Namun ternyata terdapat kesenjangan antara harapan dan kenyataan. Hampir setiap hari kita mendengar di media elektronik dan cetak, kita bisa mendapatkan bukti-bukti yang mengarah pada terjadinya degadrasi moral, khususnya para remaja yang merupakan usia produktif bagi peserta didik..Dalam hal ini guru pendidikan agama Islam memegang peranan yang pertama dan utama dalam proses pembinaan akhlak peserta didiknya. Untuk keberhasilan proses pembinaan akhlak tersebut, maka seorang guru pendidikan agama Islam harus mampu menggunakan beberapa metode dalam penyampaian materinya, khususnya materi akhlak. Berangkat dari latar belakang itulah, penulis ingin membahasnya dalam skripsi dan mengambil judul ”Metode Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Siswa Di MTs Al Istiqomah Dungus Wungu Madiun” Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penyimpangan akhlak siswa, untuk mengetahui metode guru pendidikan agama Islam, baik ditinjau dari faktor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak siswa. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian kualitatif deskriptif, serta dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu: berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang dan perilaku yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan disini, bahwasanya metode pembinaan yang penulis tawarkan dalam pembahasan skripsi ini adalah salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mencari jalan keluar yang terbaik dari permasalahan metode guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak siswa. Dan usaha yang dilakukan oleh para guru pendidikan agama Islam adalah merupakan salah satu cara untuk membina akhlak siswa yang sudah merosot tersebut. Kalaupun masih ada alternatif lain yang mungkin lebih baik dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal itu dapat dijadikan sebagai masukan atau tambahan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.
Tag Favorit :
skripsi jogja
skripsi filologi pdf
Biologi
skripsi agribisnis
skripsi data panel
skripsi olahraga
skripsi tentang psak 72
skripsi iso 9001
Pendidikan Matematika
bab i skripsi teknik informatika
skripsi media pembelajaran
skripsi 2 variabel y
skripsi ojek online
skripsi quality control
PGMI PGSD PPKn
459. Metode Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,
Senin 14 April 2025
Belum ada Komentar untuk "459. Metode Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak"
Posting Komentar