461. Implementasi Coopeartive Learning Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

Baca Juga..

ABSTRAK Pendidikan Agama Islam merupakan kebutuhan manusia yang bertujuan untuk membentuk perilaku dan kepribadian individu sesuai dengan prinsip-prinsip dan konsep Islam dalam mewujudkan nilai-nilai moral dan agama sebagai landasan pencapaian tujuan pendidikan nasioanal. Akan tetapi, dalam realisasinya di lapangan menunjukkan hasil yang kurang memuaskan, baik dalam proses maupun hasil pembelajaran siswa. Ada beberapa hal yang menjadi kendala, diantaranya: (1) rendahnya motivasi belajar siswa pada pembelajaran PAI sehingga menyebabkan rendahnya prestasi belajar PAI; (2) materi pembelajaran PAI masih berorientasi pada kemampuan kognitif dan kurang dalam pembentukan sikap (afektif) serta pembiasaan (psikomotorik); (3) terbatasnya sikap dan pemahaman guru agama dalam pengembangan pendekatan pembelajaran yang berpusat kepada siswa, sehingga pembelajaran masih berjalan secara konvensional; (4) terbatasnya sarana dan prasarana penunjang belajar. Oleh karena itu perlu dikembangkan sebuah model pembelajaran yang dapat menciptakan suasana belajar yang lebih aktif, kreatif, demokratis, kolaboratif dan konstruktif. Adapun pokok permasalahan yang diteliti adalah, Bagaimana implementasi cooperative learning metode jigsaw dalam mata pelajaran PAI siswa kelas VIII di SMPN 13 Malang?. Bagaimana prestasi belajar PAI siswa kelas VIII di SMPN 13 Malang?. Dan Bagaimana implementasi cooperative learning metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar PAI siswa kelas VIII? Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan data kualitatif dan data kuantitatif. Tahap penelitian ini dilakukan dengan 4 tahapan yaitu(1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) pengamatan, dan (4) refleksi. Sumber data dari penelitian ini adalah satu kelas yaitu siswa kelas VIII D SMPN 13 Malang. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Implementasi cooperative learning metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII D di SMPN 13 Malang. Dari hasil penelitian yang telah dilaksanakan yaitu implementasi cooperative learning metode jigsaw, peningkatan prestasi belajar siswa semula nilai rata-rata pada pre tes sebesar 6,9 pada siklus I sebesar 7,6 meningkat 10% , siklus II sebesar 8,8 meningkat 27%. Saran yang diberikan adalah bagi lembaga Pendidikan Sekolah diharapkan dapat menerapkan cooperative learning metode jigsaw, karena berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan cooperative learning metode jigsaw dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Guru PAI hendaknya bisa menerapkan cooperative learning metode jigsaw pada pelajaran pendidikan agama islam dan melaksanakan sesuai prosedur cooperative learning metode jigasaw. Dari hasil penelitian perlu dilakukan penelitian lebih lanjut sehingga dapat diperoleh pemahaman yang mendalam dan data yang lebih valid tentang penerapan cooperative learning metode jigsaw dalam meningkatkan prestasi belajar siswa.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit : skripsi bahasa inggris skripsi 1150 skripsi geografi skripsi variabel x dan y Matematika skripsi 5g variabel y skripsi skripsi menggunakan eviews 8 5 judul skripsi skripsi rnd pendidikan biologi Psikologi skripsi 1 variabel IPS Kebidanan skripsi web Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan

461. Implementasi Coopeartive Learning Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Selasa 8 April 2025
461. Implementasi Coopeartive Learning Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar 461. Implementasi Coopeartive Learning Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar 461. Implementasi Coopeartive Learning Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar 461. Implementasi Coopeartive Learning Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "461. Implementasi Coopeartive Learning Metode Jigsaw Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel