ABSTRAK Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang dipercaya masyarakat sebagai wadah untuk membentuk manusia yang berwawasan luas dan berpendidikan. Sedangkan kepala sekolah adalah seorang yang menentukan titik pusat dan irama sekolah. Penelitian ini untuk mengetahui upaya kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI di SMA Negeri 1 Manyar dengan fokus pelaksanaan peningkatan profesionalitas guru PAI sehingga upaya tersebut benar-benar terwujud. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. bagaimana konsep kepala sekolah tentang kriteria profesionalitas guru PAI 2. bagaimana tahap-tahap yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI 3. faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI 4. bagaimana dampak peningkatan keprofesionalan guru PAI terhadap prestasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui konsep kepala sekolah tentang kriteria profesionalitas guru PAI 2. Untuk mengetahui tahap-tahap peningkatan yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI 3. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kapala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI 4. Untuk mengetahui dampak peningkatan keprofesionalan guru PAI terhadap prestasi siswa. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Manyar Gresik dengan mengambil reponden dari internal sekolah. Internal sekolah yaitu Kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, waka kurikulum dan karyawan. Adapun metode yang digunakan peneliti, dengan menggunakan metode dokumentasi, metode observasi, metode interview, dan metode analisis data. Hasil penelitian ini bahwa profesionalitas guru PAI pada SMA N egeri 1 Manyar di pengaruhi oleh bagaimana upaya kepala sekolah sebagai pemimpin dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI. Hasil penelitian ini memberikan implikasi bahwa profesionalitas guru PAI di SMA Negeri 1 Manyar tidak sepenuhnya di pengaruhi oleh upaya kepala sekolah sebagai pemimpin, masih ada faktor lain yang harus diperhatikan agar profesionalitas guru PAI lebih meningkat lagi. Faktor-faktor tersebut seperti gaji guru, latar belakang pendidikan, ekonomi guru atau suasana lingkungan tempat kerja itu sendiri. Bahkan untuk SMA Negeri 1 Manyar upaya kepala sekolah dengan memberikan kontribusi pada guru PAI, sehingga bisa meningkatkan profesionalitas yang diharapkan dapat lebih meningkat. Serta dampak keprofesionalan terhadap prestasi siswa semakin lebih baik. Rekomendasi bagi SMA Negeri 1 Manyar agar lebih menekankan pada faktor lain dalam meningkatkan profesionalitas guru PAI. Seperti meningkatkan kesejahteraan guru, menciptakan lingkungan yang menyenangkan atau meningkatkan kemampuan melalui pendidikan yang lebih tinggi dan pelatihan. Begitu juga kepala sekolah agar senantiasa melaksanakan perannya sebagai pemimpin sekolah. Karena hal tersebut akan berpengaruh terahadap peningkatan profesionalitas guru PAI.
Tag Favorit :
skripsi iot
skripsi youtube
contoh skripsi 6 bab
skripsi online
bab 5 skripsi manajemen pemasaran
Bahasa Arab Bahasa dan Sastra Inggris Bahasa Indonesia
skripsi work engagement
skripsi word of mouth
skripsi videografi
skripsi xampp
skripsi quota sampling
skripsi haccp
skripsi a child called it
PGMI PGSD PPKn
skripsi dalam bahasa inggris
476. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,
Senin 7 April 2025
Belum ada Komentar untuk "476. Upaya Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Pendidikan Agama Islam"
Posting Komentar