482. Penerapan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Baca Juga..
- 904. Studi Analisis Pemikiran K.H Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia
- Peranan Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Akhlak Generasi Muda Di Desa Arallae Kec. Kahu Kab. Bone
- Peranan Guru Bidang Studi Al Quran Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al Quran Santriwati Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Kota Makassar
ABSTRAK Guru dalam rangka mengoptimalisasi proses belajar mengajar adalah sebagai fasilitator yang mampu mengembangkan kemauan belajar anak, mengembangkan kondisi belajar yang relevan agar tercipta suasana belajar secara wajar dengan penuh kegembiraan dan bisa mengadakan pembatasan positif terhadap dirinya sebagai seorang pengajar. Untuk berhasilnya suatu pembelajaran, pendidik memiliki peran yang sangat penting dan harus memiliki berbagai macam kemampuan diantaranya membekali diri dengan berbagai macam ilmu pengetahuan dan keterampilan seperti mengelola program belajar mengajar, mengelola kelas, penggunaan media, menguasai landasan pendidikan, mengelola interaksi belajar mengajar, menilai prestasi siswa, melayani bimbingan dan penyuluhan serta memilih metode belajar mengajar yang tepat. Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor atau komponen pendidikan yang sangat menentukan berhasil tidaknya suatu pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif adalah metode Active Learning. Dengan pembelajaran metode Active Learning ini, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam diharapkan mampu menghasilkan prestasi akademik yang lebih baik dan menimbulkan kemampuan yang lebih baik pula. Berdasarkan pemikiran di atas maka penulis tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai "Penerapan Metode Active Learning dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babat Lamongan." Penelitian ini membahas tentang penerapan metode Active Learning dalam meningkatkan kualitas pembelajaraan Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babat Lamongan dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Bagaimana penerapan metode Active Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babat Lamongan? 2) Bagaimana kualitas pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui penggunaan metode Active Learning di SMP Negeri 2 Babat Lamongan? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Memiliki gambaran tentang metode Active Learning yang diterapkan oleh guru PAI di SMP Negeri 2 Babat Lamongan. 2) Mengetahui kualitas pembelajaran PAI melalui penggunaan metode Active Learning di SMP Negeri 2 Babat Lamongan. Penelitian tentang penerapan metode Active Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babat Lamongan ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif di mana lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Babat Lamongan. Data-datanya diperoleh langsung dari kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, siswa dan pihak-pihak lain yang berkompeten di sekolah tersebut serta data-data yang telah didokumentasikan. Prosedur pengumpulan datanya menggunakan tekhnik observasi (pengamatan), wawancara dan dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif melalui proses editing. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode Active Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babat Lamongan memberikan kemudahan bagi siswa dalam memahami materi pelajaran, khususnya materi Pendidikan Agama Islam melalui diskusi kelompok ataupun debat, jigsaw learning serta pembelajaran semacam permainan. Kemudahan lainnya dalam metode Active Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babat Lamongan juga dapat meningkatkan prestasi siswa, dimana nilai rata-rata kelas terus meningkat, kelas VII 82,7; kelas VIII 82,9 dan kelas IX 84,5. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penerapan metode Active Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Babat Lamongan sangat efektif untuk mencapai tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Karena dalam pembelajaran siswa dapat terlibat secara langsung, bekerjasama dan saling berinteraksi dengan yang lainnya. Jadi bukan hanya guru saja yang aktif akan tetapi siswa juga berperan aktif dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jadi secara khusus siswa sangat berpengaruh terhadap penerapan metode Active Learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan secara umum berpengaruh terhadap tujuan Pendidikan Agama Islam.
Tag Favorit : skripsi random forest bab 5 skripsi teknik informatika bab 4 skripsi kualitatif skripsi jurusan biologi skripsi m banking skripsi novel 99 cahaya di langit eropa skripsi quasi eksperimen skripsi filologi pdf skripsi viral skripsi jaringan e skripsi ipb vitamin c skripsi skripsi online ugm skripsi tentang iso 9000 skripsi linguistik bahasa indonesia
482. Penerapan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,
Baca Juga..
- 925. Analisis Komparatif Pemikiran Ibnu Tufail Dan Jean Piaget Tentang Konsep Epistemologi Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam
- 924. Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Kh. Ahmad Dahlan
- 904. Studi Analisis Pemikiran K.H Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia
- Peranan Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Akhlak Generasi Muda Di Desa Arallae Kec. Kahu Kab. Bone




Belum ada Komentar untuk "482. Penerapan Metode Active Learning Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam"
Posting Komentar