500. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman (Analisis Surat Luqman Ayat 12-19)
Baca Juga..
ABSTRAK Pendidikan Islam adalah usaha bimbingan jasmani dan rohani pada tingkat kehidupan individu dan sosial untuk mengembangkan fitrah manusia berdasarkan hukum-hukum Islam menuju terbentuknya manusia ideal (insan kamil) yang berkepribadian muslim dan berakhlak terpuji serta taat pada Islam sehingga dapat mencapai kebahagiaan didunia dan di akherat. Nilai-nilai pendidikan berdasarkan surat Luqman merupakan asas pendidikan yang harus dijadikan panduan oleh setiap orang tua pada masa kini. Surah ini dinamakan dengan Luqman karena pada ayat 12 disebut tentang Luqman al-Hakim yang telah diberi oleh Allah SWT. nikmat dan ilmu pengetahuan. Hal ini menjadikan beliau seorang yang sangat bersyukur atas segala pemberian Allah SWT. Di dalam ayat 13-19 terdapat pula tentang nasihat-nasihat Luqman al-Hakim kepada anak-anaknya. Kajian ini dijalankan untuk memahami maksud ayat secara mendalam di samping mengetahui garis panduan pendidikan seperti yang dikehendaki oleh Islam berdasarkan surat Luqman. Luqman al-Hakim telah mengutarakan sebuah pendidikan yang baik selaras dengan objektif pendidikan Islam. Beliau telah mengemukakan kaedah pengajaran dan persembahan isi pendidikan yang tersusun rapi, mengikut urutan, mantap serta sangat menarik. Kaedah pendidikan yang dikemukakan oleh Luqman al-Hakim menekankan perkara perintah dan larangan, yang diiringi pula dengan alasan yang munasabah. Aspek perintah meliputi asas kesempurnaan beragama, kepercayaan kepada hari akhirat dan keutamaan berakhlak mulia. Sementara aspek larangan pula merangkum larangan syirik dan sifat sombong. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan apa sajakah yang terdapat dalam surah Luqman, khususnya nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam ayat 12-19. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk penelitian kepustakaan (library research), karena data yang diteliti berupa naskah-naskah, buku-buku atau majalah-majalah yang bersumber dari khazanah kepustakaan.dengan menggunakan pendekatan historis filosofis. Data-data diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi yang diambil dari al-Quran, al-Sunnah, buku-buku, kitab-kitab muktabar, jurnal dan ensiklopedia. Kitab tafsir yang muktabar menjadi sumber rujukan utama kepada penulis untuk memahami sesuatu ayat. Data-data dianalisis menggunakan kaedah induktif, deduktif dan komparatif. Guna mencari jawaban dari beberapa permasalahan yang dirumuskan di atas, penulis menggunakan metode metode maudhu’i atau tematik dan metode hermeunetik. Hasil kajian yang ditemui mendapati bentuk pendidikan surah Luqman terdiri daripada strategi pendidikan Luqman al-Hakim, pendidikan anak-anak berkaitan hubungan dengan Allah SWT dan hubungan sesama manusia. Nasihat Luqman menjadi pengajaran dan petunjuk kepada semua manusia. Permulaan pendidikan berkaitan dengan syirik, diikuti dengan perintah berbuat baik kepada kedua ibu bapa, waspada dengan pandangan Allah SWT. terhadap semua perkara sama ada kecil atau besar, mendirikan shalat, amar makruf dan nahyi mungkar, rendah diri dan menjauhi perkara-perkara dosa, adab berjalan dan menjaga suara. Secara keseluruhan nasihat Luqman merangkum kesempurnaan beragama, kepercayaan kepada hari akhirat dan keutamaan akhlak mulia. Penjelasan ayat di dalam surah Luqman menunjukan Allah SWT. juga menyeru supaya setiap ibu bapak mencontoh Luqman yang memiliki kesempurnaan peribadi dan pendidikan Islam. Model pendidikan yang diperkenalkan oleh Luqman al-Hakim sesuai sampai kapanpun. Pendidikan beliau juga mencakup setiap aspek keperluan anak-anak untuk berhadapan dengan tanggungjawab sebagai seorang muslim. Implikasi kajian menyarankan satu silabus baru dalam pendidikan kepada semua lapisan masyarakat.
Tag Favorit : kertas skripsi 80 gram skripsi tentang pariwisata skripsi kelas 6 sd skripsi kuantitatif skripsi olahraga skripsi 5w 1h skripsi xerostomia Tips Skripsi Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Pendidikan Bahasa Indonesia x banner skripsi skripsi 1150 halaman ubaya skripsi itb e skripsi uin Administrasi Negara
500. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman (Analisis Surat Luqman Ayat 12-19) adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,
Baca Juga..
- 904. Studi Analisis Pemikiran K.H Ahmad Dahlan Tentang Pendidikan Islam Di Indonesia
- Peranan Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Akhlak Generasi Muda Di Desa Arallae Kec. Kahu Kab. Bone
- Peranan Guru Bidang Studi Al Quran Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al Quran Santriwati Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Kota Makassar
- 925. Analisis Komparatif Pemikiran Ibnu Tufail Dan Jean Piaget Tentang Konsep Epistemologi Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam




Belum ada Komentar untuk "500. Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Surat Luqman (Analisis Surat Luqman Ayat 12-19)"
Posting Komentar