521. Upaya Guru Dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa Madrasah

ABSTRAK Skripsi ini membahas “Upaya Guru Dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa Madrasah Aliyah Al-Yasini Areng-Areng Wonorejo Pasuruan”. Persoalan ini dibahas karena sebagai lembaga pendidikan yang berciri khas Agama Islam permasalahan yang dihadapi oleh Madrasah Aliyah tidak jauh berbeda dengan permasalahan yang dihadapi oleh SMU (Sekolah Menengah Umum) utamanya berkaitan dengan kenakalan siswanya yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain. Hal ini merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh guru, khususnya guru di madrasah dikarenakan karakteristik pendidikan di madrasah yang mementingkan pembinaan jiwa agama dan akhlak siswa, untuk itulah semua guru MA Al-Yasini Areng-Areng Wonorejo Pasuruan perlu melakukan upaya dalam pembinaan kepribadian muslim siswa MA Al- Yasini Areng-Areng Wonorejo Pasuruan. Atas dasar pemikiran diatas penelitian ini pada dasarnya dilakukan dengan tujuan untuk mendiskripsikan kepribadian muslim siswa dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru dalam pembinaan kepribadian muslim siswa MA Al-Yasini Areng-Areng Wonorejo Pasuruan. Populasi dari penelitian ini adalah MA Al-Yasini Areng-Areng Wonorejo Pasuruan yang mempunyai seorang kepala sekolah, 9 guru agamadan 334 siswa, sedangkan yang diambil sebagai sampel sejumlah seorang kepala sekolah, 3 guru agama dan 50 orang siswa.Metode yang digunakan dalam penelitian ini antara lain: observasi, dokumenter, angket dan interview. Dengan keempat metode tersebut diharapkan dapat memperoleh data yang diperlukan dalam penelitian yang dilaksanakan di MA Al-Yasini Areng-Areng Wonorejo Pasuruan. Sedangkan analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan prosentase. Sesuai dengan hasil penelitian dengan metode penelitian dan analisa data seperti tersebut diatas, menghasilkan data bahwa hampir seluruhnya siswa MA Al-Yasini Areng-Areng Wonorejo Pasuruan berkepribadian muslim karena mereka sangat menghormati, menghargai dan mentaati guru, mentaati tata tertib sekolah, saling menghormati dan menghargai antara siswa yang satu dengan siswa yang lain. Disamping itu senakal-nakalnya siswa MA Al-Yasini Areng-Areng Wonorejo Pasuruan masih bisa dikendalikan dan dalam batas-batas kewajaran karena tidak pernah terjadi kasus-kasus yang menunjukkan adanya pelanggaran terhadap norma-norma agama seperti kasus narkoba, minuman keras, tawuran antar siswa dan lain sebagainya. Adapun upaya yang dilakukan oleh guru di lembaga sekolah tersebut ialah mengembangkan nilai-nilai keagamaan pada siswa dengan memberikan contoh yang kongkrit dalam berprilaku dan bertutur yang sesuai dengan ajaran Islam, memfungsikan sarana dan prasarana sekolah sebagai wahana dalam rangka mempraktekkan apa yang diberikan di kelas, memberikan kegiatan ekstrakurikuler seperti: tadarus Al-Qur’an, sholat dzuhur berjamaah, kepramukaan dan PMR serta mengadakan kerjasama dengan orang tua dalam memantau siswanya. Upaya tersebut merupakan hal yang positif, guna menanggulangi kenakalan siswa yang dapat merugikan diri sendiri maupun orang lain, sehingga sekolah yang berciri khas agama Islam itu benar-benar terwujud dan menjadi kebanggaan bagi suluruh umat Islam. Dan itulah suatu usaha yang tepat untuk menjadikan para siswa berkepribadian muslim. File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

521. Upaya Guru Dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa Madrasah adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 521. Upaya Guru Dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa Madrasah

Belum ada Komentar untuk "521. Upaya Guru Dalam Pembinaan Kepribadian Muslim Siswa Madrasah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel