4. Analisis Penerapan Konsep Balanced Scorecard (BSC) Sebagai Suatu Alat Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia di PT. Excelcomindo Pratama, Tbk Regional Sumatera

ABSTRAK

Balanced scorecard merupakan suatu alat pengukuran kinerja yang paling
banyak mendapat perhatian dunia bisnis saat ini. Pengukuran finansial belum mampu
mendeteksi kemampuan asset yang bersifat intangible seperti kemampuan karyawan
perusahaan yang brilliant, bisnis proses perusahaan yang handal, cepat dan tidak
birokrasi serta pelanggan perusahaan yang sangat dinamis dan loyal. Yang
kemungkinan bisa saja faktor-faktor tersebut mendorong keunggulan perusahaan
bersaing dan berkompetisi dengan perusahaan lainnya.
Balanced Scorecard memiliki empat perspektif yang mendasari yaitu
perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, perspektif bisnis proses,
perspektif pelanggan dan perspektif finansial. Penelitian ini difokuskan pada
perspektif pembelajaran dan pertumbuhan karyawan, sebagai akar dari proses menuju
kesuksesan bagi perusahaan. Dibantu dengan varibel kepuasan karyawan dalam
bekerja, pelatihan ataupun training yang dilakukan oleh karyawan, turnover karyawan
dalam perusahaan dan produktivitas karyawan.
Hipotesis penelitian ini dirumuskan bahwa perspektif pembelajaran dan
pertumbuhan karyawan berpengaruh terhadap kinerja sumberdaya manusia pada PT.
Excelcomindo Pratama Tbk, Regional Sumatera.
Penelitian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang didukung
oleh metode survey. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 44 orang. Data yang
dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan satuan skala Likert. Uji validitas dan
uji reliabilitas dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 16.
Dari hasil penelitian diketahui variabel kepuasan dalam bekerja (X1) dan
pelatihan (X2), turnover (X3) dan produktivitas karyawan (X4) secara bersama-sama
mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kinerja sumberdaya manusia pada PT.
Excelcomindo Pratama Tbk, Regional Sumatera.
Secara parsial, variabel kepuasan dalam bekerja (X1) dan pelatihan (X2),
turnover (X3) dan produktivitas karyawan (X4) secara parsial berpengaruh signifikan
dan nyata terhadap kinerja sumberdaya manusia pada PT Excelcomindo Pratama Tbk
Regional Sumatera. Variabel kepuasan karyawan dalam bekerja (X1) merupakan
variabel yang paling dominan terhadap kinerja sumberdaya manusia pada PT
Excelcomindo Pratama, Tbk Regional Sumatera. Teknik analisa regresi berganda
untuk menguji hipotesis digunakan uji F dan uji t pada tingkat kepercayaan 95 %
dengan α 0,05.
Dari koefisien determinasi (Adjusted R Square) dihasilkan regresi sebesar
0,863 yang berarti 86,3% kinerja karyawan dapat dijelaskan oleh variasi variabel
kepuasan dalam bekerja, pelatihan, turnover dan produktivitas karyawan sedangkan
sisanya 13,7% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Kata kunci: Kinerja, Kepuasan Dalam Bekerja dan Balanced Scorecard.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

4. Analisis Penerapan Konsep Balanced Scorecard (BSC) Sebagai Suatu Alat Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia di PT. Excelcomindo Pratama, Tbk Regional Sumatera adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 4. Analisis Penerapan Konsep Balanced Scorecard (BSC) Sebagai Suatu Alat Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia di PT. Excelcomindo Pratama, Tbk Regional Sumatera

Belum ada Komentar untuk "4. Analisis Penerapan Konsep Balanced Scorecard (BSC) Sebagai Suatu Alat Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia di PT. Excelcomindo Pratama, Tbk Regional Sumatera"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel