128. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Quantum Teaching Pada Murid Kelas V Sd Negeri Mannuruki Makassar


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar belakang

        Sekolah adalah tempat belajar bagi murid dan tugas guru yang sebagian besar terjadi di dalam kelas adalah membelajarkan murid dengan menyediakan kondisi belajar yang optimal. Pengelolaan pendidikan diera modern semakin tergantung pada kemampuan dari para pendidik untuk menggunakan berbagai sumber yang tersedia. Pendidikan bagi kehidupan manusia merupakan kebutuhan mutlak yang harus dipenuhi sepanjang hayat. UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2006:2) menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar murid secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa, dan Negara. Konsep undang-undang di atas menjelaskan bahwa pendidikan merupakan usaha yang sengaja dan terencana untuk  membantu perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya sebagai seorang individu dan sebagai warga Negara atau masyarakat di masa mendatang. Konsep undang-undang di atas menjelaskan bahwa pendidikan merupakan usaha yang sengaja dan terencana untuk  membantu perkembangan potensi dan kemampuan anak agar bermanfaat bagi kepentingan hidupnya sebagai seorang individu dan sebagai warga Negara atau masyarakat di masa mendatang.
      Seiring dengan perkembangan  ilmu pengetahuan dan tekhnologi, maka secara otomatis pola pikir masyarakat berkembang dalam setiap aspek. Hal ini sangat berpengaruh besar terutama dalam dunia pendidikan  yang menuntut adanya inovasi baru yang dapat menimbulkan perubahan secara kualitatif  yang berbeda dengan sebelumnya. Tanggung jawab melaksanakan evaluasi di antaranya terletak pada penyelenggaraan pendidikan disekolah, dimana guru memegang peranan utama dan bertanggung jawab menyebarluaskan gagasan baru, baik terhadap murid  maupun masyarakat melalui proses pengajaran dalam kelas.
        Kenyataan tersebut di atas belum sepenuhnya dipahami kalangan pendidikan, khususnya guru sekolah dasar. Proses pembelajaran di kelas sangat membosankan dan membuat murid tertekan. Hal ini juga terjadi pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Mata pelajaran  Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) ini merupakan suatu mata pelajaran yang bertujuan untuk membentuk manusia Indonesia seutuhnya  yang berlandaskan pada pancasila, undang-undang, dan norma-norma yang berlaku di masyarakat masih belum optimal disampaikan ke murid.
    Tugas guru didalam kelas  yang berhubungan denagan murid ini berkaitan dengan minat, kehendak, percakapan, maupun kegiatan-kegiatan mereka. Disamping itu juga, tugas guru berhubungan dengan sarana  pengajaran  yang digunakan dalam kegiatan belajar mengajar. Suatu kondisi belajar yang optimal dicapai  jika guru mampu mengatur murid dan sarana pengajaran serta pengendalian dalam suasana yang menyenangkan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Namun kenyataannya aktifitas yang ditunjukkan murid pada saat proses belajar mengajar berlangsung masih rendah hal ini disebabkan karena guru tidak memanfaatkan lingkungan sekitar belajar sebagai media belajar dan tidak mengaitkan materi yang diajarkan dengan sebuah peristiwa, pikiran atau perasaan yang diperoleh murid dari kehidupan rumah, sosial, atau akademisnya.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

128. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Quantum Teaching Pada Murid Kelas V Sd Negeri Mannuruki Makassar adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

128. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Quantum Teaching Pada Murid Kelas V Sd Negeri Mannuruki Makassar 128. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Quantum Teaching Pada Murid Kelas V Sd Negeri Mannuruki Makassar 128. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Quantum Teaching Pada Murid Kelas V Sd Negeri Mannuruki Makassar 128. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Quantum Teaching Pada Murid Kelas V Sd Negeri Mannuruki Makassar

Belum ada Komentar untuk "128. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Metode Quantum Teaching Pada Murid Kelas V Sd Negeri Mannuruki Makassar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel