6. Metode Reward Dan Punishment Dalam Mengembangkan Kemampuan Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Tk Nurul Hidayah Brebes Dan Tk Kemala Bhayangkari 27 Brebes)

ABSTRAK 

Rofiah CH. 1601908030. 2013. Metode Reward dan Punishment dalam MengembangkanKemampuan Dasar Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus TK Nurul Hidayah Brebes dan TK Kemala Bhayangkari Brebes).Skripsi Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. 

Kata Kunci : Metode Reward dan Punishment, Kemampuan Dasar Emosional, Anak Usia Dini

Reward dan Punishment merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kelebihan. Biasanya reward diberikan kepada orang yang memiliki prestasi, berprilaku baik, rajin, tekun, dan lain-lain. Sedangkan punishment itu suatu hukuman atau ganjaran yang diberikan kepada seeorang yang melanggar aturan, etika kegiatan. Keduanya merupakan penghargaan, tetapi hendaknya pemberian reward dan punishment yang mendidik, membangun, bukan membuat seseorang menjadi minder, besar hati, takabur, sombong. Reward dan punisment berlaku disetiap instansi. Pada anak usia dini reward dan punishment menjadi pegangan para guru dalam mengkondisikan anak di kelas pada setiap kegiatan. 
Tujuan penelitian ini yaitu penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan reward dan punishment dalam kegiatan belajar mengajar pada anak usia dini di beberapa Taman kanak-kanak. Penulis juga ingin mengetahui apakah reward dan punishment dapat mengembangkan kemampuan emosi dasar anak di Taman Kanak-kanak.
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode bermain sambil belajar, diagram bintang, pemberian hadiah berupa benda/barang yang membuat anak bangga dan disukai oleh anak. Penelitian ini langsung meneliti kegiatan belajar mengajar siswa, kegiatan guru, kepala sekolah, dan keadaan lingkungan sekolah. Peneliti juga meneliti bagaimana cara siswa atau peserta didik dalam menghadapi masalah, aktivitas keseharian di dalam kelas, guru dalam menghadapi perilaku siswanya dalam perkembangan emosionalnya.
Hasil penelitian penulis bahwa reward dan punishment diterima berbedabeda oleh anak tergantung cara pemberian reward dan puniushment itu diberikan kepada anak. Dengan pemberian yang mendidik maka setiap anak akan menerimanya dengan semangat dan merupakan suatu penghargaan. 
Peneliti berharap semoga dalam penelitian ini berdampak baik dan menjadi acuan belajar yang baik bagi siswa, guru dalam mengkondisikan anak di kelas dan bukan untuk menakut-nakuti anak supaya melakukan sesuatu yang guru inginkan, tetapi kesadaran dari siswanya.  

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

6. Metode Reward Dan Punishment Dalam Mengembangkan Kemampuan Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Tk Nurul Hidayah Brebes Dan Tk Kemala Bhayangkari 27 Brebes) adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 6. Metode Reward Dan Punishment Dalam Mengembangkan Kemampuan Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Tk Nurul Hidayah Brebes Dan Tk Kemala Bhayangkari 27 Brebes)

Belum ada Komentar untuk "6. Metode Reward Dan Punishment Dalam Mengembangkan Kemampuan Emosional Anak Usia Dini (Studi Kasus Di Tk Nurul Hidayah Brebes Dan Tk Kemala Bhayangkari 27 Brebes)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel