Penerapan Teknik Refleksi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Alla Kabupaten Enrekang

BAB I 
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang 
Kemampuan berbahasa dalam KBK mencakup empat aspek penting, yaitu (1) keterampilan menyimak, (2) keterampilan berbicara, (3) keterampilan membaca, dan (4) keterampilan menulis. Kemampuan berbahasa ini berhubungan erat dalam usaha seseorang memperoleh kemampuan berbahasa yang baik. Berbagai usaha dilakukan untuk membina dan mengembangkan bahasa agar benar-benar memenuhi fungsinya. Penerapan  aspek kebahasaan dalam proses pembelajaran sering berhubungan satu sama lainnya. Menyimak dan membaca  erat hubungan dalam hal bahwa keduanya merupakan alat untuk menerima komunikasi.  
Menulis merupakan kegiatan mengekspresikan informasi yang diterima dari proses menyimak dan membaca. Jadi, semakin banyak seseorang menyimak atau membaca semakin banyak pula informasi yang diterimanya untuk diekspresikan secara tertulis. Berdasarkan beberapa pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa menulis merupakan  salah satu keterampilan berbahasa yang dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Dengan penguasaan keterampilan menulis, diharapkan siswa dapat mengungkapkan gagasan, pikiran, dan perasaan yang dimilikinya setelah menjalani proses pembelajaran dalam berbagai jenis tulisan, baik fiksi maupun nonfiksi. Asumsinya, pengungkapan tersebut merupakan peresapan, pemahaman, dan tanggapan siswa terhadap berbagai hal yang diperoleh dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, segala informasi, ilmu pengetahuan, dan berbagai kecakapan yang diperoleh siswa dalam pembelajaran tidak akan sekedar menjadi hafalan yang mudah dilupakan sesaat setelah siswa menjalani tes. Salah satu pembelajaran menulis yang dikaji dalam penelitian ini adalah menulis karangan narasi. Tujuan pembelajaran menulis karangan narasi belum dicapai secara maksimal oleh siswa.  
Karena pentingnya keterampilan menulis karangan narasi, pengembangan pembelajaran menulis perlu ditingkatkan. Peningkatan pembelajaran menulis karangan narasi  dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan. Tes kemampuan menulis karangan narasi  dapat divariasikan dalam berbagai bentuk tulisan. Tekniknya dapat disajikan data verbal, gambar, tabel, teks, peta, bagan. Dari data-data itu, siswa diminta untuk menulis sebuah karangan narasi.  
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

Penerapan Teknik Refleksi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Alla Kabupaten Enrekang adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Penerapan Teknik Refleksi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Alla Kabupaten Enrekang Penerapan Teknik Refleksi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Alla Kabupaten Enrekang Penerapan Teknik Refleksi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Alla Kabupaten Enrekang Penerapan Teknik Refleksi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Alla Kabupaten Enrekang

Belum ada Komentar untuk "Penerapan Teknik Refleksi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas Viii Smp Negeri 5 Alla Kabupaten Enrekang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel