Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Drama Dengan Menggunakan Teknik Transformasi Cerpen Pada Siswa Kelas Viiia Smp Muhammadiyah 5 Mariso Makassar

BAB I 
PENDAHULUAN 

A. Latar Belakang Masalah 
Bangsa  yang  besar  adalah  bangsa  yang  menjunjung  tinggi  bahasanya. Bahasa  resmi negara  Republik  Indonesia  yaitu  bahasa  Indonesia  yang  juga merupakan bahasa nasional dan bahasa persatuan rakyat Indonesia. Sebagai bukti nyata  rasa  cinta  bangsa  Indonesia  terhadap bahasa  Indonesia,  maka  sudah disahkan  dalam  undang-undang  bahwa  bahasa  Indonesia  menjadi salah  satu pelajaran  wajib  di  sekolah  dari  tingkat  SD  sampai  perguruan  tinggi. Dalam kurikulum  pendidikan  tercantum  pelajaran  bahasa  dan  sastra  Indonesia  sebagai salah  satu standar  kompetensi  dan  kompetensi  dasar  yang  harus  dicapai  oleh peserta  didik.  Pembelajaran bahasa  dan  sastra  Indonesia  sebagai  media  untuk menumbuhkan  nilai-nilai  budaya  dan  karakter pada  peserta  didik.  Salah  satu standar  kompetensi  yang  harus  dicapai  siswa  dalam pembelajaran  bahasa Indonesia yakni menulis naskah drama. Menulis naskah drama menjadi salah satu standar  kompetensi  dalam  silabus  pembelajaran  kelas  VIII  tingkat  sekolah menengah pertama. 
Menulis  naskah  drama  merupakan  kegiatan  menuangkan  pikiran  berupa tulisan  menjadi dialog.  Namun  ternyata  pada  praktiknya  dalam  pembelajaran menulis  drama,  siswa  banyak menemukan  kesulitan.  Kesulitan  yang  dirasakan siswa  saat  pembelajaran  menulis  naskah  drama di  antaranya  menentukan  ide cerita, menciptakan  dialog  antar  tokoh,  menentukan  karakter tokoh. mengembangkan  cerita,  menentukan  konflik dan  menentukan  akhir cerita.  Oleh karena  itu,  perlu adanya  terobosan  baru  untuk membantu  kesulitan  siswa  dalam pembelajaran  menulis naskah  drama.  Salah  satu alternatif  dalam  membantu kesulitan  siswa  yaitu peran  guru merancang pembelajaran  kreatif  yang  biasa memudahkan  siswa mencapai  kompetensi  yang diinginkan.  Salah satunya  yaitu dengan menyediakan model, metode, teknik atau media pembelajaran yang sesuai untuk menulis naskah drama. 
Pada  penelitian  ini  akan  dilakukan  dengan  transformasi  cerpen  pada pembelajaran menulis  naskah  drama.  Pemilihan  cerpen  sebagai  media  untuk ditransformasi ke dalam naskah drama karena berbagai pertimbangan salah satunya  yaitu  cerpen  memiliki  unsur-unsur  yang  juga ada  dalam  drama  seperti adanya 
konflik, alur, tokoh dan latar. Hal lain yang dimiliki cerpen adalah adanya dialog antar tokoh seperti yang ada dalam naskah drama. Selain itu, dalam cerpen juga  ada  nilai  moral  yang  bisa dijadikan  pembelajaran  bagi  siswa  SMP  salah satunya yaitu nilai pendidikan karakter. 

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Drama Dengan Menggunakan Teknik Transformasi Cerpen Pada Siswa Kelas Viiia Smp Muhammadiyah 5 Mariso Makassar adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Drama Dengan Menggunakan Teknik Transformasi Cerpen Pada Siswa Kelas Viiia Smp Muhammadiyah 5 Mariso Makassar Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Drama Dengan Menggunakan Teknik Transformasi Cerpen Pada Siswa Kelas Viiia Smp Muhammadiyah 5 Mariso Makassar Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Drama Dengan Menggunakan Teknik Transformasi Cerpen Pada Siswa Kelas Viiia Smp Muhammadiyah 5 Mariso Makassar Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Drama Dengan Menggunakan Teknik Transformasi Cerpen Pada Siswa Kelas Viiia Smp Muhammadiyah 5 Mariso Makassar

Belum ada Komentar untuk "Peningkatan Pembelajaran Menulis Teks Drama Dengan Menggunakan Teknik Transformasi Cerpen Pada Siswa Kelas Viiia Smp Muhammadiyah 5 Mariso Makassar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel