11. Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Viii

ABSTRAK

Keterampilan berbicara dan membaca adalah keterampilan berbahasa Arab yang bersifat reseptif dan produktif. Penguasaan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah masih rendah. Hal ini terjadi karena kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran bahasa Arab. Sehingga, guru harus menerapkan model pembelajaran reflective teaching sebagai bentuk inovasi baru dalam menarik minat siswa dalam pembelajaran bahasa Arab.
Masalah yang dikaji dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model Reflective Teaching bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak?, dan 2) Apakah model Reflective Teaching efektif bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model Reflective Teaching dan untuk mengetahui efektivitas model Reflective Teaching bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Al Irsyad Gajah Demak.
Jenis dan desain penelitian ini adalah kuantitatif dan eksperimen (true experiment design) dengan desain non equivalent control group design. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan nontes. Instrumen tes yang digunakan berupa tes berbicara dan tes uraian. Sedangkan instrumen nontes yang digunakan adalah angket tertutup.
Berdasarkan data penelitian yang didapatkan, 21.21% siswa beranggapan bahwa penerapan model pembelajaran Reflective Teaching sangat cocok dan bisa membantu dalam pembelajaran bahasa Arab. Sedangkan 78.79% siswa beranggapan  bahwa  model  pembelajaran  Reflective Teaching  perlu  diterapkan dalam pembelajaran bahasa Arab. Dari hasil nilai rata-rata keterampilan berbicara pada kelas kontrol terjadi peningkatan sebesar 3.12 dan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 4.15. Sedangkan keterampilan membaca pada kelas kontrol terjadi penurunan sebesar 4.57 dan pada kelas eksperimen terjadi peningkatan sebesar 1.21. Diperoleh thitung 1.25 dan ttabel 0.68, karena thitung > ttabel maka Ha diterima dan H0 ditolak. Dari hipotesis yang yang diterima dalam penelitian ini adalah Ha  karena thitung  > ttabel  yaitu “Model Reflective Teaching efektif bagi peningkatan keterampilan berbicara dan membaca bahasa Arab”. 

Kata kunci: Model Reflective Teaching, Keterampilan Berbicara, Keterampilan Membaca.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

11. Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Viii adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

11. Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Viii 11. Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Viii 11. Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Viii 11. Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Viii

Belum ada Komentar untuk "11. Efektivitas Model Reflective Teaching Bagi Peningkatan Keterampilan Berbicara Dan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas Viii"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel