145. Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal bentuk geometri melalui pembelajaran berbasis multimedia pada anak kelompok B di RA Muslimat NU Plosogede Ngluwar dan mendeskripsikan langkah-langkah yang dilakukan dalam pembelajaran berbasis multimedia. Pembelajaran berbasis multimedia menggunakan video edukatif yang berisi materi pengenalan bentuk geometri. Kemampuan mengenal bentuk geometri pada penelitian ini difokuskan pada mengelompokkan bentuk geometri, membedakan ciri-ciri bentuk geometri dan menyebutkan benda-benda (benda sebenarnya) yang berbentuk geometri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaborasi, guru sebagai pelaksana tindakan dan peneliti sebagai   perancang tindakan.  Penelitian  dilakukan  dengan dua siklus  terdiri  dari  lima pertemuan. Subyek penelitian adalah semua anak kelompok B RA Muslimat NU Plosogede yang berjumlah 24 anak. Obyek penelitian ini adalah kemampuan mengenal bentuk geometri melalui pembelajaran berbasis multimedia. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal bentuk geometri dengan pembelajaran berbasis multimedia. Pada tahap pra siklus` sebesar 27,78%, meningkat menjadi 47,22% pada siklus I dan meningkat pada siklus II menjadi 76,39% yang telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 70%. Adapun langkah-langkah pembelajarannya adalah: 1) Anak menonton video edukatif yang ditayangkan dan mendengarkan penjelasan guru secara klasikal; 2) Tanya-jawab materi geometri antara guru dan anak secara klasikal dan individu; 3) Anak mengaplikasikan materi dengan media plastisin, sedotan dan puzzle bongkar pasang; 4) Anak mengerjakan tugas (lembar kerja anak). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kemampuan mengenal bentuk geometri dapat ditingkatkan dengan pembelajaran multimedia pada anak kelompok B RA Muslimat NU Plosogede.

Kata Kunci: mengenal geometri, berbasis multimedia, kelompok B.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit : Agama Islam Bahasa Inggris variabel y skripsi akuntansi skripsi haccp skripsi learning cycle 7e variabel y skripsi skripsi quote skripsi bahasa indonesia skripsi teknik lingkungan contoh skripsi variabel y skripsi audit skripsi visual basic 6.0 skripsi teknik mesin Komputer Akuntansi tips skripsi a

145. Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Minggu 30 Maret 2025
145. Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B 145. Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B 145. Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B 145. Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "145. Upaya Peningkatan Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Melalui Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Anak Kelompok B"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel