18. Analisis Perpanjangan Dan Elevasi Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Baca Juga..

ABSTRAK

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang memiliki peran penting dalam kegiatan perekonomian antar pulau di Indonesia maupun antar negara. Pelabuhan Tanjung Emas Semarang melayani bongkar muat barang dengan petikemas, bongkar muat Terminal Petikemas  Semarang  selalu  mengalami peningkatan  dalam setiap  tahunnya,  sehingga diperlukan perluasan dan penambahan tambatan pada dermaga untuk mengantisipasi lonjakan arus bongkar muat dalam setiap tahun. Selain hal tersebut gaya-gaya tambahan akibat gelombang, gaya-gaya horizontal akibat angin serta pasang surut air laut juga sangat  berpengaruh  dalam  pengembangan  dermaga  Terminal  Petikemas  Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perpanjangan dan peninggian elevasi dermaga yang diperlukan.
Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data sekunder yaitu data operasi pelabuhan selama 5 tahun terakhir (tahun 2011 sampai dengan tahun 2015) dan data oceaonagrafi  pada tahu 2014 dan 2015. Analisis perpanjangan dan elevasi Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dilakukan berdasarkan perkiraan arus kapal dan arus petikemas dengan menggunakan metode regresi linear. Serta berdasarkan data oceanografi yang berupa data angin, pasang surut, arus, dan gelombang.
Hasil penelitian pada tahun 2011 sampai 2025 arus kapal dan petikemas mengalami peningkatan pada setiap tahunnya. Peningkatan arus kapal dan petikemas sangat mempengaruhi nilai BOR, semakin tinggi arus kapal dan arus petikemas maka semakin tinggi pula tingkat pemakaian dermaga. Pada tahun 2025 nilai BOR sudah melebihi nilai 50% yang disarankan UNCTAD, yang berarti penggunaan dermaga sudah cukup padat. Namun untuk menganalisis perpanjangan dan elevasi dermaga juga diperlukan analisis data  oceanografi  sebagai pendukung.  Dari hasil penelitian sistem fender mampu menahan energi benturan kapal yang dapat dilihat dari pengecekan syarat F < R. Perkiraan arah angin dominan berasal dari arah barat dengan persentase 20,30%. Untuk gaya akibat arus, bollard dermaga mampu menahan gaya yang bekerja. Gaya gelombang  menghitung  dari  kedalaman  awal  dan  kedalaman  saat  ini.  Perhitungan Tekanan gelombang dihitung menggunakan dua metode yaitu berdasarkan Teori Airy dan bedasarkan Metode Minikin.

Kata kunci: terminal peti kemas, BOR, regresi linear, fender, bollard, gelombang. 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit : Pendidikan Fisika t tabel skripsi skripsi itb bab 5 skripsi teknik informatika skripsi tentang pendidikan skripsi a child called it skripsi 2 variabel pemasaran skripsi campur kode skripsi web skripsi zakat produktif Ekonomi Dan Studi pembangunan bab i skripsi akuntansi Pendidikan Olah Raga skripsi rnd pendidikan biologi skripsi rantai pasok

18. Analisis Perpanjangan Dan Elevasi Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Jum'at 11 April 2025
18. Analisis Perpanjangan Dan Elevasi Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang 18. Analisis Perpanjangan Dan Elevasi Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang 18. Analisis Perpanjangan Dan Elevasi Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang 18. Analisis Perpanjangan Dan Elevasi Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "18. Analisis Perpanjangan Dan Elevasi Dermaga Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Emas Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel