22. Interferensi Fonologis Jawa-Sunda Masyarakat Kedungreja Cilacap Pada Penuturan Bahasa Arab

ABSTRAK

Penuturan kata bahasa Arab oleh penutur lain (Jawa dan Sunda) menimbulkan  adanya Penyimpangan  bunyi  dan  kaidah. Hal  itu  karena  kata tersebut terpengaruh oleh abjad dan kaidah bahasa penutur tersebut.Penyimpangan ini menyebabkaninterferensi fonologisJawa-Sunda terhadap bahasa Arab.Masyarakat Kedungreja merupakan paduan antara orang Jawa dan Sunda dan terletak di perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat.
Rumusan masalah penelitian ini adalah (1) Apa saja bentuk interferensi fonologis Jawa-Sunda terhadap bahasa Arabpada masyarakat Kedungreja (2) Faktor apa yang menyebabkan interferensi tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeksripsikan bentuk Interfensi fonologis Jawa-Sunda terhadap bahasa Arab pada masyarakat Kedungreja (2) mengidentifikasi Faktor yang menyebabkan interferensi tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah tuturan masyarakat Kedungreja dan sumber datanya adalah  masyarakat Kedungreja.Metode pengumpulan datanya menggunakan metode simak beserta teknik yang ada di dalamnya.Metode analisis datanya adalah mencatat, mengumpulkan dan menyimpulkan.
Hasil penelitian ini yaitu terdapat69 kata yang mengalami interferensi fonologis bahasa Jawa-Sunda terhadap bahasa Arab yaitu 1) 10 Penyimpangan bunyi/ر/(ż) menjadi/د/(d) 2) 14Penyimpangan bunyi/ش/(sy) menjadi/س/(s) 3) 7Penyimpangan bunyi/ق/(q)menjadi/ن/(k) 4) 3Penyimpangan bunyi/ح/(ḥ)   menjadi/ٖ/(h)   5) 2 Penyimpangan   bunyi/خ/(kh)   menjadi/ح/(ḥa)6)3 Penyimpangan bunyi/د/(d)menjadi/خ/(t) 7) 2 Penyimpangan bunyi/ز/(ṡ) menjadi/س/(s) 8) 2 Penyimpangan bunyi/ؾ/     (f) menjadi/pa/(p) 9) 12 Penyimpanganbunyi/ع/(„)menjadi/nga/ 10) 6 Penyimpangan bunyi /غ/(g)menjadi/ٖ/(h) 11)6Penyimpangan bunyi /غ/(g)menjadi/ho/(h) 12) 2 Penyimpangan bunyi/ص/(ṣ)menjadi/س/(s).  Terdapat  4  faktor  penyebab terjadinya interferensi tersebut yaitu 1) perbedaan abjad 2) tidak adanya satu sifat huruf atau lebih pada bahasa ibu 3) kesamaan sifat huruf 4) letak makhroj yang berdekatan.

Kata kunci :Interferensi Fonologis,Jawa-Sunda, danBahasa Arab.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

22. Interferensi Fonologis Jawa-Sunda Masyarakat Kedungreja Cilacap Pada Penuturan Bahasa Arab adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 22. Interferensi Fonologis Jawa-Sunda Masyarakat Kedungreja Cilacap Pada Penuturan Bahasa Arab

Belum ada Komentar untuk "22. Interferensi Fonologis Jawa-Sunda Masyarakat Kedungreja Cilacap Pada Penuturan Bahasa Arab"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel