24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS).

Baca Juga..

ABSTRAK

Dalam  masa  pengembangan  Terminal  Petikemas  Semarang  (TPKS) saat ini, usaha-usaha pembangunan terus dilakukan. Pekerjaan pengerukan pada kolam pelabuhan dilakukan untuk menjaga agar kedalaman kolam pelabuhan sesuai dengan desain kedalaman rencana. Sebelum dilaksanakan pengerukan  kedalaman  kolam  pelabuhan  ±4  mLWS,  kemudian  setelah dikeruk kedalaman kolam pelabuhan menjadi ±9 mLWS. Oleh karena itu perlu dievaluasi dari aspek struktur supaya dapat mengetahui kemampuan struktur dermaga saat ini, dan bisa merencanakan perkuatan terhadap struktur dermaga bila diperlukan agar tetap aman.
Evaluasi yang dilakukan mencakup evaluasi geoteknik dan struktur (sebelum dan sesudah pengerukan). Dari hasil evaluasi geoteknik diketahui bahwa  tiang  pancang  mengalami  deformasi akibat  perilaku  pergerakan rayapan  tanah  akibat  pengerukan  tanah  pada  kolam  pelabuhan. Semakin dalam  pengerukan  yang  dilakukan  pada  kolam  pelabuhan  maka  semakin besar deformasi yang terjadi pada tiang pancang dermaga, namun faktor keamanan (FK) pada tanah masih aman yaitu lebih dari 1.25. Berdasarkan evaluasi struktur menggunakan program SAP2000, di ketahui bahwa setelah dilakukan pengerukan 9 m tiang pancang tidak mampu untuk menahan gaya aksial (Pu), hal ini terbukti karena Pu (3360.160 kN) lebih besar dari Pn (1413.595 kN), sehingga diperlukan perkuatan.
Tiang pancang yang digunakan pada dermaga terminal peti kemas semarang yaitu tiang pancang baja tabung tipe C50. Untuk perkuatan tiang pancang dermaga, direncanakan dengan menambahkan beton kedalam tiang pancang (CFST). Pada  tiang pancang crane,  dari kedalaman 0.00  mLWS sampai -9 mLWS diisi dengan bahan aditif untuk grouting, kemudian dari kedalaman -9 mLWS sampai - 69 mLWS diisi dengan pasir urug. Pada tiang pancang  non  crane,  dari  kedalaman 0.00  mLWS  sampai  -9  mLWS  diisi dengan bahan  aditif untuk grouting,  kemudian  dari kedalaman  -9 mLWS sampai -59 mLWS diisi dengan pasir urug. Setelah dilakukan perhitungan maka hasil Pn menggunakan CFST yaitu 12070.39 kN, sedangkan Pu yaitu 3360.160, Karena Pu < Pn maka tiang pancang aman. Dari perhitungan rencana anggaran biaya, diperlukan biaya sebesar Rp. 5.763.284.703,52 untuk melakukan perkuatan tiang pancang.

Kata kunci : dermaga, geoteknik, struktur, terminal petikemas
File Selengkapnya.....


Tag Favorit : contoh skripsi 6 bab skripsi variabel x dan y Teknik Industri-mesin-elektro-Sipil-Arsitektur skripsi yang menggunakan skala guttman skripsi dengan metode sem akreditasi skripsi a syahrini skripsi hi umy skripsi film 99 cahaya di langit eropa skripsi ilmu komunikasi skripsi geografi bab 5 skripsi ptk skripsi hi ugm skripsi adalah skripsi bauran pemasaran 7p terhadap keputusan pembelian skripsi literasi digital

24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS). adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Sabtu 26 Juli 2025
24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS). 24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS). 24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS). 24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS).

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "24. Evaluasi Struktur Pekerjaan Pengerukan Di Dermaga Terminal Petikemas Semarang (TPKS)."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel