29. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Modul Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Motor Diesel.
Baca Juga..
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel siswa kelas XI TO 7 SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara melalui penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) yang dibantu dengan penggunaan modul serta untuk meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TO SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015 sejumlah 37 siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data penelitian ini yaitu dengan metode dokumentasi, observasi, dan tes.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan dapat diambil kesimpulan sebagai berikut. Pertama, penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan modul dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa dengan pencapaian rata-rata nilai siklus I sebesar 61,4 menjadi sebesar 79,3 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 48,65% menjadi 81,08% pada siklus II. Kedua, peningkatan aktivitas siswa dari 64% pada siklus I menjadi 84% pada siklus II. Berdasarkan metode pengumpulan data dokumentasi diketahui bahwa persentase ketuntasan siswa pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel yaitu 45,95% siswa tuntas KKM, sedangkan yang belum tuntas KKM sebesar 54,05%. Setelah dilakukan penerapan model pembelajaran tipe Numbered Head Together berbantuan modul, hasil belajar siswa mengalami peningkatan pada siklus I dan siklus II, yaitu 48,65% siswa tuntas pada siklus I dan 81,08% siswa tuntas pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Numbered Head Together berbantuan modul pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TO SMK Cokroaminoto 2 Banjarnegara.
Kata kunci: Numbered Head Together, Modul, Hasil Belajar, Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Diesel
File Selengkapnya.....Tag Favorit : Akuntansi-Auditing-Pasar Modal-Keuangan Teknik Mesin skripsi 7 tools skripsi jaringan skripsi 2019 skripsi 5s Pendidikan Olah Raga skripsi gaya kepemimpinan skripsi ekonomi Pendidikan Fisika skripsi 4 variabel manajemen pemasaran skripsi literasi Pendidikan Ekonomi skripsi kualitatif uny skripsi qfd
Baca Juga..
- 44. Redesain Struktur Atas Pembangunan Gedung Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Universitas Negeri
- 43. Redesain Pembangunan Gedung Sekretariat Daerah Kota Tegal
- 47. Studi Analisis Kuat Lentur Terhadap Variasi Jenis Kayu Di Laboratorium.
- 46. Redesain Struktur Pembangunan Gedung Rawat Inap Rsud Tugurejo Semarang.
29. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Modul Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Motor Diesel. adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "29. Penerapan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbantuan Modul Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Kompetensi Dasar Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Motor Diesel."
Posting Komentar