46. Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Reguler Dengan Siswa Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Sd Negeri Kecamatan Boja

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di beberapa SD Negeri Kecamatan Boja yang menunjukkan adanya keberagaman motivasi berprestasi antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Rumusan masalah utama adalah melihat adakah perbedaan motivasi berprestasi antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Penelitian ini  bertujuan  untuk  mengetahui  perbedaan  motivasi  berprestasi  antara  siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang motivasi berprestasi siswa reguler dan siswa Program Keluarga Harapan (PKH) dalam dunia pemdidikan.
Jenis  penelitian  ini  adalah  penelitian  komparatif.  Populasi  penelitian adalah seluruh SD Negeri Kecamatan Boja dengan jumlah 27 SD Negeri, dan sebagai sampelnya adalah 12 SD Negeri Kecamatan Boja dengan siswa kelas IV, V  dan  VI  SD  N  Kecamatan  Boja,  60  siswa  reguler  dan 60  siswa  Program Keluarga Harapan (PKH). Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode   dan   alat   pengmpulan   data   dengan   menggunakan   skala   motivasi berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif presentase dengan Uji t (t-test).
Hasil  penelitian  menunjukkan  adanya  perbedaan  motivasi  berprestasi antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Hasil uji t, menunjukkan bahwa nilai thitung = 9,042 dan ttabel = 1,980, jadi nilai thitung  > tabel. Dengan demikian, terdapat perbedaan motivasi berprestasi yang signifikan antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH) yaitu lebih tingginya motivasi berprestasi siswa Program Keluarga Harapan (PKH) dibandingkan dengan siswa reguler.
Simpulan   dari   penelitian   ini   adalah   terdapat   perbedaan   motivasi berprestasi antara siswa reguler dengan siswa Program Keluarga Harapan (PKH). Saran  bagi  guru  kelas  agar  dapat memberikan  dukungan  dengan  bimbingan belajar atau pendampingan kepada siswa reguler maupun siswa Program Keluarga Harapan (PKH) agar motivasi berpestasi siswa meningkat lebih baik lagi. Bagi kepala sekolah agar dapat memberikan fasilitas dan mendukung guru kelas untuk bisa lebih meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Bagi peneliti lain, agar dapat dijadikan sebagai acuan penelitian pendahulu.

Kata kunci: motivasi berprestasi; siswa reguler; siswa PKH
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

46. Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Reguler Dengan Siswa Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Sd Negeri Kecamatan Boja adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

46.  Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Reguler Dengan Siswa Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Sd Negeri Kecamatan Boja 46.  Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Reguler Dengan Siswa Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Sd Negeri Kecamatan Boja 46.  Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Reguler Dengan Siswa Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Sd Negeri Kecamatan Boja 46.  Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Reguler Dengan Siswa Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Sd Negeri Kecamatan Boja

Belum ada Komentar untuk "46. Perbedaan Motivasi Berprestasi Antara Siswa Reguler Dengan Siswa Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Sd Negeri Kecamatan Boja"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel