49. Meningkatkan Kesiapan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas Vb Sd

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan fenomena yang ada di kelas VB SD Hj.  Isriati Baiturrahman 1  Semarang  yang  menunjukkan  tingkat  kesiapan belajar siswa yang sedang, dengan indikator kondisi fisik, kondisi mental, kondisi psikologis, kondisi emosional, kebutuhan, dan pengetahuan. Rumusan masalah yaitu apakah kesiapan belajar siswa kelas VB dapat ditingkatkan melaui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kesiapan belajar siswa kelas VB SD Hj. Isriati Baiturrahman 1 Semarang dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Manfaat penelitian ini memperkaya kajian tentang kesiapan belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing.
Jenis  Penelitian  yang  digunakan  adalah  pre-eksperimen  dengan  desain penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian adalah 40 siswa kelas VB dan sebagai sampelnya adalah 10 siswa kelas VB dari kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Teknik sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala kesiapan belajar. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif persentase dan Uji Wilcoxon.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kesiapan belajar siswa kelas VB SD Hj. Isriati baiturrahman 1 Semarang. Tingkat kesiapan belajar siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing berada pada kriteria sedang (57,1%),dan setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing masuk dalam kategori tinggi  (75,8%).  Hasil  uji  wilcoxon,  menunjukkan  bahwa  nilai  thitung=55  dan ttabel=8, jadi nilai thitung > tttabel. Dengan demikian, kesiapan belajar siswa dapat diitingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing.
Simpulan dari penelitian ini adalah kesiapan belajar siswa dapat ditingkatkan melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing. Saran  bagi  Guru  Bimbingan  dan  Konseling, hendaknya  penelitian  ini  dapat menjadi referensi dalam meningkatkan kesiapan belajar. Bagi Kepala Sekolah, agar memberikan fasilitas dan mendukung pemberian layanan bimbingan kelompok dengan  teknik  role  playing  begitu  pula  layanan  bimbingan  dan konseling  yang lain.  Bagi peneliti  lain,  agar dapat  dijadikan acuan  penelitian pendahulu.

Kata kunci: kesiapan belajar; layanan bimbingan kelompok; teknik role playing.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

49. Meningkatkan Kesiapan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas Vb Sd adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

49. Meningkatkan Kesiapan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas Vb Sd 49. Meningkatkan Kesiapan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas Vb Sd 49. Meningkatkan Kesiapan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas Vb Sd 49. Meningkatkan Kesiapan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas Vb Sd

Belum ada Komentar untuk "49. Meningkatkan Kesiapan Belajar Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role Playing Pada Siswa Kelas Vb Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel