66. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Terhadap Strategi Manajemen Konflik Anggota Kelompok Ilmiah Remaja Di Sma Negeri 11 Semarang

ABSTRAK

Penelitian ini dilaksanakan berdasar pada hasil observasi bahwa terdapat masalah manajemen konflik yang rendah pada anggota Kelompok Ilmiah Remaja SMA Negeri 11 Semarang yang ditunjukan dari adanya aktivitas siswa seperti tidak  mengikuti  kegiatan  KIR  tanpa  alasan  yang jelas dan  adanya  perselihan antara   angota   kelompok.   Masalah   manajemen   konflik   tersebut diberikan perlakuan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan manajemen konflik melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Pre Eksperimental One Group Pre Test and Post Test Design. Populasi dalam penelitian  ini  adalah  anggota  kelompok ilmiah  remaja  Tahun  2014  yang berjumlah 40 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling, dan sampel penelitian ini berjumlah 10 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan metode skala manajemen konflik sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik non parametrik wilcoxon match pairs.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan skor konsentrasi belajar dari sebelum  memperoleh layanan  bimbingan  kelompok  dengan  teknik  problem solving yaitu 74% (tinggi) dan setelah memperoleh layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving skor strategi manajemen konflik menjadi 85% (tinggi). Dari perbandingan hasil pre test dan post test terdapat perubahan yang menunjukan peningkatan strategi manajemen konflik. Terdapat peningkatan konflikr yang signifikan sebelum dan setelah memperoleh layanan  Bimbingan Kelompok   dengan   teknik   problem  solving. Secara   keseluruhan,   strategi manajemen konflik meningkat 11%. Berdasarkan tabel bantu uji wilcoxon match pairs diperoleh thitung = 0 < t tabel = 8.
Simpulan yang dapat diambil yaitu bimbingan kelompok teknik problem solving memerikan pengaruh terhadap peningkatan manajemen konflik anggota kelompok ilmiah remaja SMA Negeri 11 Semarang. Saran yang diajukan peneliti yaitu Pembimbing KIR dan Kepala Sekolah seyogyanya terus mendorong dan memotivasi   serta memfasilitasi anggota KIR guna mendukung peningkatan manajemen konflik dan guru Bimbingan dan Konseling dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving sebagai alternatif untuk meningkatkan strategi manajemen konflik serta dapat dijadikan sebagai acuan dalam menyusun program BK di SMA.

Kata kunci: strategi manajemen konflik, bimbingan kelompok, problem solving
File Selengkapnya.....


Tag Favorit : skripsi 3 bulan skripsi s.pd.k judul skripsi d iv kebidanan Dakwah Ekonomi skripsi word of mouth skripsi neural network skripsi zakat online PTK - Pendidikan Agama Islam skripsi writing skripsi 2018 pdf skripsi 19000 diamond akreditasi skripsi a syahrini skripsi studi kasus Pendidikan Fisika skripsi geografi

66. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Terhadap Strategi Manajemen Konflik Anggota Kelompok Ilmiah Remaja Di Sma Negeri 11 Semarang adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Kamis 1 Mei 2025
66. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Terhadap Strategi Manajemen Konflik Anggota Kelompok Ilmiah Remaja Di Sma Negeri 11 Semarang 66. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Terhadap Strategi Manajemen Konflik Anggota Kelompok Ilmiah Remaja Di Sma Negeri 11 Semarang 66. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Terhadap Strategi Manajemen Konflik Anggota Kelompok Ilmiah Remaja Di Sma Negeri 11 Semarang 66. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Terhadap Strategi Manajemen Konflik Anggota Kelompok Ilmiah Remaja Di Sma Negeri 11 Semarang

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "66. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Problem Solving Terhadap Strategi Manajemen Konflik Anggota Kelompok Ilmiah Remaja Di Sma Negeri 11 Semarang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel