17. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb Dan Smalb Tunagrahita Di Slb Negeri

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan pendidikan vocational pada jenjang SMPLB dan SMALB tunagrahita di SLB Negeri Pembina Yogyakarta yang meliputi beberapa proses yaitu: (1) Perencanaan; (2) Pelaksanaan; (3) Pengawasan yang meliputi komponen peserta didik, guru, dan kurikulum.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subyek penelitian ini adalah koordinator sentra pendidikan khusus dan pendidikan layanan khusus (PK-PLK), kepala sekolah, wakaur pengajaran dan kurikulum, guru rombel keterampilan dan orang tua peserta didik rombel keterampilan. Penelitian ini dilaksankan di SLB Negeri  Pembina  Yogyakarta  selama  bulan  Maret-April  2016. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dengan model interaktif Miles dan Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Perencanaan peserta didik dilakukan oleh sekolah dengan membentuk penjurusan keterampilan yang dimulai pada jenjang SMPLB dan SMALB dengan melihat kemampuan yang dimiliki peserta   didik,   perencanaan   guru   dilakukan oleh   Dinas   Pendidikan   Kota Yogyakarta, perencanaan kurikulum menggunakan pendekatan tematik keterampilan  yang  dikaitkan  dengan  beberapa jurusan  keterampilan  yaitu  tata boga, tata busana, tata rias, tekstil, otomotif, keramik, pertanian, perkayuan, dan TIK;  2)  Pelaksanaan pembinaan  dan  pengembangan  peserta  didik  melalui kegiatan kurikuler dilaksanakan di dalam kelas meliputi pendidikan akademik dan pendidikan keterampilan dengan sistem rombongan belajar sedangkan pembelajaran di luar kelas dilakukan dengan pelaksanaan magang serta kegiatan ekstrakurikuler  yang dilakukan  yaitu  pada bidang kepramukaan, kesenian dan keolahragaan, pengembangan guru dilakukan diklat bagi guru pendidikan PLB ke keterampilan sedangkan  guru pendidikan keterampilan  ke-PLBan, pelaksanaan kurikulum dilaksanakan dengan melihat pelaksanaan pembelajaran yang lebih menekankan pada praktek keterampilan sesuai masing-masing jurusan; (3) Pengawasan dilakukan oleh pihak kepala  sekolah  dan  Dinas  Pendidikan  Kota Yogyakarta yang bertujuan untuk supervisi terhadap guru rombel keterampilan.

Kata kunci: pengelolaan, program pendidikan vocational, SLB tunagrahita. 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

17. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb Dan Smalb Tunagrahita Di Slb Negeri adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

17. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb Dan Smalb Tunagrahita Di Slb Negeri 17. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb Dan Smalb Tunagrahita Di Slb Negeri 17. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb Dan Smalb Tunagrahita Di Slb Negeri 17. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb Dan Smalb Tunagrahita Di Slb Negeri

Belum ada Komentar untuk "17. Pengelolaan Pendidikan Vocational Pada Jenjang Smplb Dan Smalb Tunagrahita Di Slb Negeri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel