19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja.
ABSTRAK
Media komunikasi visual merupakan salah satu sarana promosi atau sosialisasi kepada masyarakat luas. Karena itu, penggunaan media komunikasi visual sangat dibutuhkan dalam pengenalan diri sebuah perusahaan atau lembaga. Batik R Banyumas merupakan perusahaan yang memproduksi batik cap dan batik kombinasi. Melihat persaingan pasar yang semakin ketat ini, maka perusahaan membutuhkan sebuah media promosi guna mempertahankan kelangsungan usahaanya serta memperluas jaringan dan meningkatkan nilai produk. Tujuan Proyek Studi ini adalah mengaplikasikan pengetahuan, ketrampilan, dan pemahaman yang diperoleh dari perkuliahan sehingga menghasilkan rancangan media komunikasi visual yang terdiri dari iklan surat kabar, billboard, leaflet, katalog, seragam karyawan, stationary,dan merchandise.
Perancangan media komunikasi visual ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary (brainstroming) yaitu riset, analisis kebutuhan (SWOT), tujuan proyek studi, penentuan konsep, dan strategi perancangan. Proses pra produksi yaitu pengambilan objek (pemotretan), seleksi foto, dan manual rough sketch. Proses produksi yaitu pengembangan dan pembuatan desain secara komputerisasi, konsultasi dosen pembimbing dan persetujuan klien, serta pencetakan/print out. Sedangkan untuk proses pasca produksi yaitu framing karya cetak dan selanjutnya penyajian karya desain.
Dalam melakukan serangkaian pembuatan karya menggunakan software CorelDraw X5 yang digunakan untuk mengolah dan pembuatan desain dalam bentuk vektor, serta Adobe Photoshop CS3 yang digunakan untuk mengedit dan mengolah foto dalam bentuk bitmap.
Proyek studi ini menghasilkan media komunikasi visual berupa iklan surat kabar, billboard, leaflet, katalog, seragam karyawan, stationary, dan merchandise dengan ciri umum karya terdapat logo dan tagline pada setiap media. Perancangan media promosi dengan mengusung tema klasik elegan ini dirancang dengan memadukan warna antara cokelat dan krem. Gaya pesan yang digunakan yaitu suasana/citra terutama pada media billboard yang menggunakan talent. Komposisi yang akan dibuat menggunakan keseimbangan asimetris dan simetris. Pada pemilihan tipografi sendiri menggunakan font yang standar seperti font Arial dan font Cambria. Selain itu dipadukan menggunakan font yang mewakili tema yang diusung yaitu klasik elegan. Dari perancangan media-media tersebut pesan yang terkadung bersifat informatif dan pengingat karena guna mengingatkan akan keberadaan Batik R Banyumas di mata konsumen.
Kata Kunci : Perancangan Media Komunikasi Visual, Media Promosi, Batik.
File Selengkapnya.....Tag Favorit :
19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja. adalah yang barusan kamu baca.
Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan!
,
Request file ini Via WA
Klik Disini
Buruan Mumpung masih Ada
silahkan KLIK
TOMBOL WHATSAPP/
WA
Klik Disini
Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja.
Belum ada Komentar untuk "19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja."
Posting Komentar