19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja.

ABSTRAK
Media komunikasi visual merupakan salah satu sarana promosi atau sosialisasi kepada masyarakat luas. Karena itu, penggunaan media komunikasi visual sangat dibutuhkan dalam pengenalan diri sebuah perusahaan atau lembaga. Batik R Banyumas merupakan perusahaan yang memproduksi batik cap dan batik kombinasi. Melihat persaingan pasar yang semakin ketat ini, maka perusahaan membutuhkan sebuah media promosi guna mempertahankan kelangsungan usahaanya serta  memperluas jaringan  dan  meningkatkan  nilai  produk.  Tujuan Proyek Studi ini adalah mengaplikasikan pengetahuan, ketrampilan, dan pemahaman yang diperoleh dari perkuliahan sehingga menghasilkan rancangan media komunikasi visual yang terdiri dari iklan surat kabar, billboard, leaflet, katalog, seragam karyawan, stationary,dan merchandise.
Perancangan media komunikasi visual ini melalui tahap proses berkarya dengan urutan proses preliminary (brainstroming) yaitu riset, analisis kebutuhan (SWOT), tujuan proyek studi, penentuan konsep, dan strategi perancangan. Proses pra  produksi  yaitu  pengambilan  objek  (pemotretan), seleksi  foto,  dan  manual rough sketch. Proses produksi yaitu pengembangan dan pembuatan desain secara komputerisasi, konsultasi dosen pembimbing dan persetujuan klien, serta pencetakan/print out. Sedangkan untuk proses pasca produksi yaitu framing karya cetak dan selanjutnya penyajian karya desain.
Dalam melakukan serangkaian pembuatan karya menggunakan software CorelDraw X5 yang digunakan untuk mengolah dan pembuatan desain dalam bentuk vektor, serta  Adobe Photoshop CS3 yang digunakan untuk mengedit dan mengolah foto dalam bentuk bitmap.
Proyek studi ini menghasilkan media komunikasi visual berupa iklan surat kabar, billboard, leaflet, katalog, seragam karyawan, stationary, dan merchandise dengan ciri umum karya terdapat logo dan tagline pada setiap media. Perancangan media promosi dengan mengusung tema klasik elegan ini dirancang dengan memadukan warna antara cokelat dan krem. Gaya pesan yang digunakan yaitu suasana/citra   terutama   pada   media   billboard   yang   menggunakan   talent. Komposisi yang akan dibuat menggunakan keseimbangan asimetris dan simetris. Pada pemilihan tipografi sendiri menggunakan font yang standar seperti font Arial dan font Cambria. Selain itu dipadukan menggunakan font yang mewakili tema yang diusung yaitu klasik elegan. Dari perancangan media-media tersebut pesan yang terkadung bersifat informatif dan pengingat karena guna mengingatkan akan keberadaan Batik R Banyumas di mata konsumen.

Kata Kunci : Perancangan Media Komunikasi Visual, Media Promosi, Batik.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja. adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja. 19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja. 19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja. 19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja.

Belum ada Komentar untuk "19. Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas Di Sokaraja."

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel