5. Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, Dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan dalam hal 1) kemampuan berpikir kritis dan sikap  peduli lingkungan  antara peserta didik  yang mengikuti pembelajaran dengan model STM dan pembelajaran 5M bila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik 2) kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM dan 3) sikap peduli lingkungan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM pada materi pembelajaran Senyawa Turunan Alkana di SMAN 1 Yogyakarta.
Penelitian kuasi eksperimen dengan post test design only ini terdiri dari variabel
bebas berupa model pembelajaran, variabel terikat berupa kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan serta kovariabel berupa pengetahuan awal peserta didik. Populasi penelitian ini adalah 234 peserta didik kelas XII SMAN 1 Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran STM dan kelas kontrol menggunakan pembelajaran 5M. Teknik pengumpulan data melalui teknik angket, teknik tes dan teknik dokumentasi. Instrumen pengumpulan data adalah angket sikap peduli lingkungan, soal kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji multivariat kovarians (mankova) dengan taraf signifikansi 0,05 dan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal 1) kemampuan berpikir kritis dan sikap peduli lingkungan antara peserta didik yang  mengikuti pembelajaran dengan model STM dan 5M bila pengetahuan awal dikendalikan secara statistik 2) kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM dan 3) sikap peduli lingkungan sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran di kelas STM pada materi pembelajaran Senyawa Turunan Alkana di SMAN 1 Yogyakarta.

Kata Kunci: kemampuan berpikir kritis, sains teknologi dan masyarakat (STM), sikap peduli lingkungan dan pengetahuan awal. 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

5. Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, Dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 5. Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, Dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik

Belum ada Komentar untuk "5. Pengaruh Model Pembelajaran Sains, Teknologi, Dan Masyarakat Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Peduli Lingkungan Peserta Didik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel