85. Upaya Rumah Pintar Bang Jo Pkbi Jawa Tengah Dalam Penanaman Kemandirian Anak Di

SARI
Anak merupakan asset bangsa dalam hal ini ada golongan anak yang kurang beruntung secara finansial maupun spiritual misalnya anak-anak jalanan. Untuk itu diperlukan wadah untuk memenuhi kebutuhan mereka yang tidak didapatkan dalam keluarganya.
Pokok   permasalahan   yang   dibahas   dalam   penelitian   ini   adalah   (1) bagaimana upaya Rumah Pintar Bang Jo PKBI Jawa Tengah dalam penanaman kemandirian terhadap anak jalanan di Kauman Semarang (2) faktor-faktor apa sajakah  yang menghambat  Rumah Pintar Bang  Jo PKBI Jawa Tengah  dalam penanaman kemandirian anak jalanan di Kauman Semarang. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengungkap  bagaimana upaya Rumah Pintar Bang Jo PKBI Jawa Tengah dalam penanaman kemandirian terhadap anak jalanan di Kauman Semarang (2) mengetahui faktor-faktor yang menghambat Rumah Pintar Bang Jo PKBI Jawa Tengah dalam penanaman kemandirian anak jalanan di Kauman Semarang.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di Kampung Pungkuran No. 403 Kauman, Kota Semarang. Subjek penelitian ini adalah penggagas Rumah Pintar, relawan Rumah Pintar, warga sekitar Rumah Pintar dan anak jalanan dampingan Rumah Pintar. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan metode triangulasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan secara bersamaan dengan proses pengumpulan data.
Berdasarkan penelitian menunjukkan upaya yang dilakukan Rumah Pintar Bang Jo PKBI Jawa Tengah adalah (1) melatih kemandirian melalui kemampuan usaha dan mengembangkan bakat dan minat; (2) memberikan pendidikan seperti pendidikan untuk anak usia 4-6 tahun yang disebut PAUD, pendidikan anak usia 7-12 tahun yang disebut kelompok belajar dan pengembangan perpustakaan; (3) kemampuan memecahkan masalah. Faktor-faktor penghambat Rumah Pintar Bang Jo  PKBI  Jawa  Tengah  dalam  penanaman  kemandirian  adalah  keterbatasan relawan, kebiasaan hidup bebas anak dampingan Rumah Pintar dan tidak adanya jadwal dan perencanaan dalam mengajar di Rumah Pintar Bang Jo PKBI Jawa Tengah.
Saran yang disampaikan (1) Kepada Direktur PKBI Jateng penanaman kemandirian di Rumah Pintar hendaknya jumlah relawan ditambah (2) Kepada relawan pembelajaran di Rumah Pintar hendaknya memakai jadwal dan perencanaan  supaya  kegiatan  pembelajaran  lebih  terjadwal sehingga  relawan maupun anak dampingan dapat mengetahui materi yang akan disampaikan.

Kata kunci: Upaya, Penanaman kemandirian, Anak Jalanan
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

85. Upaya Rumah Pintar Bang Jo Pkbi Jawa Tengah Dalam Penanaman Kemandirian Anak Di adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 85. Upaya Rumah Pintar Bang Jo Pkbi Jawa Tengah Dalam Penanaman Kemandirian Anak Di

Belum ada Komentar untuk "85. Upaya Rumah Pintar Bang Jo Pkbi Jawa Tengah Dalam Penanaman Kemandirian Anak Di"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel