100. Strategi Pengembangan Industri Kreatif Distro Clothing untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Industri Kreatif Distro Clothing

ABSTRAK
Pembangunan Industri kreatif di Indonesia merupakan salah satu sektor yang mempunyai peranan penting dalam penggerak pertumbuhan ekonomi. Sepertihalnya di kota Sidikalang, salah satu industri kreatif yang sedang berkembang adalah Distro Clothing. Masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kondisi industri kreatif Distro Clothing di kota Sidikalang? Apakah yang menjadi kekuatan dan kelemahan  Industri Kreatif Distro Clothing di kota Sidikalang? Strategi apakah yang dapat dilakukan pelaku usaha Distro Clothing dan Pemerintah Kota Sidikalang dalam mengembangkan usaha Distro Clothing di kota Sidikalang? 
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 3 Pengusaha. Variabel dalam penelitian ini adalah permodalan, pemasaran dan bahan baku. Metode pengumpulan datanya adalah wawancara sedangkan metode analisis data adalah deskriptif dan analisis SWOT. 
Adanya inovasi dan kreatifitas yang timbul dari para pengrajin membuat Industri Kreatif ini masih bertahan dan mencoba bersaing dengan para pesaing di luar daerah. Adanya peningkatan penjualan dari tahun ke tahun serta desain yang terus menerus di inovasi adalah bentuk dari semangat para pengrajin untuk mempertahankan dan menjadikan Industri Kreatif Distro Clothing ini sebagai sumber mata pencaharian bagi mereka. Meskipun demikian masih adanya kendala – kendala yang mereka hadapi dalam menjalani kegiatan ini seperti kurangnya perhatian dari Pemerintah Kota Sidikalang terhadap para pengrajin, kurang nya akses permodalan, pembelian bahan baku masih dari luar kota yang memakan waktu pada proses pengiriman, dan masih kurangnya tingkat apresiasi terhadap produk lokal oleh masyarakatnya sendiri. Strategi yang dapat dilakukan dalam pengembangan industri kreatif Distro Clothing kota Sidikalang ini adalah Strategi Diversifikasi (Produk / Pasar).
Kesimpulan dari penelitian ini supaya para pengusaha melakukan diversifikasi terhadap produk maupun pasarnya. Pengembangan Industri Kreatif Distro Clothing diharapkan dapat lebih diperhatikan lagi oleh Pemerintah untuk memberikan pelatihan ataupun akses permodalan bagi para pelaku3industri dalam mengembangkan usaha industrinya supaya mampu bersaing dengan usaha industri sejenis di daerah lain.

Kata Kunci : strategi pengembangan, industri  kreatif distro clothing , kota Sidikalang 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

100. Strategi Pengembangan Industri Kreatif Distro Clothing untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Industri Kreatif Distro Clothing adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 100. Strategi Pengembangan Industri Kreatif Distro Clothing untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Industri Kreatif Distro Clothing

Belum ada Komentar untuk "100. Strategi Pengembangan Industri Kreatif Distro Clothing untuk Meningkatkan Daya Saing Pelaku Industri Kreatif Distro Clothing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel