1. Analisis Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih

ABSTRAK
Tesis ini membahas tentang Analisis Pendidikan Akhlak Dalam Pandangan Ibnu Miskawaih. Adapun pokok masalah dalam tesis ini adalah: Bagaimana pendidikan Akhlak dalam pandangan Ibnu Miskawaih? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk menguraikan secara mendalam Hakikat konsep pendidikan Akhlak pandangan Ibnu Miskawaih, 2) Untuk mengungkap strategi pendidikan Akhlak dalam pandangan Ibnu Miskawaih. 
Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan rasionalistik. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah pemikiran Ibnu Miskawaih tentang pendidikan akhlak dan sekaligus yang menjadi objek dalam penelitian ini. Permasalahan tersebut dibahas melalui studi dokumentasi terhadap literatur-literatur yang membahas pemikiran Ibnu Miskawaih dan pendidikan Akhlak. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah kutipan langsung dan kutipan tidak langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Konsep pendidikan akhlak Ibnu Miskawaih berawal dari konsep fitrah manusia sebagai makhluk yang suci dan mulia saat dilahirkan. Ibnu Miskawaih memberikan pengertian akhlak sebagai keadaan jiwa yang mendorong manusia untuk melakukan perbuatan tanpa dipikirkan dan diperhitungkan sebelumnya. Oleh karenanya diperlukan rekonstruksi akhlak terus menerus melalui pendidikan yang harus dimulai sejak dini. Menurutnya ada dua faktor yang menjadi dasar pendidikan yaitu agama dan ilmu kejiwaan (psikologi). (2) Menurut Ibnu Miskawaih setidaknya ada beberapa diantaranya komponen  penting agar pendidikan berhasil sebagaimana yang diharapkan, yaitu; berhubungan dengan pendidik dan peserta didik; materi pendidikan; dan metode pendidikan akhlak. Dalam proses pendidikan dibutuhkan pendidik yang terhormat, berwibawa, alim dalam masalah agama, dan mengetahui ilmu kejiwaan dengan baik. Metode pendidikan yang efektif menurutnya yaitu dengan metode alami atau menemukan kecenderungan peserta didik, pembiasaan, bimbingan, dan hukuman. Hukuman sebagai metode adalah jalan terakhir jika metode-metode lain kurang efektif. Temuan tersebut memberikan acuan bagi sistem pendidikan Islam dalam memperbaiki perannya sebagai proses humanisasi. Apalagi jika dikaitkan dengan sistem pendidikan Indonesia yang cenderung mengarah pada pendidikan berbasis akhlak.
  
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

1. Analisis Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 1. Analisis Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih

Belum ada Komentar untuk "1. Analisis Pendidikan Akhlak dalam Pandangan Ibnu Miskawaih"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel