4. Implementasi Nasehat Pendidikan Luqman al-Hakim
ABSTRAK
Tesis inimembahas tentang ImplementasiNasehatPendidikan Luqma>n al-Haki>m Menurutal-Quran dalam Pembentukan Kepribadian Anak di SD Inpres12/79 Ulo Kecamatan Tellu SiattingeKabupaten Bone. Adapun yang menjadi permasalahannya adalah 1) Bagaimana Implementasi Nasehat Pendidikan Luqma & gt;n al-Haki>m Menurut al-Quran dalam Pembentukan Kepribadian anak diSD Inpres 12/79 Ulo Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bon 2) Bagaimana Bentuk Kepribadian Anak di SD Inpres 12/79 Ulo Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone 3) faktor-faktor Apakah yang Mendukung dan Menghambat Penerapan Nasehat Pendidikan Luqma>n al-Haki>m di SD Inpres12/79 Ulo Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan instrumen kunci adalah peneliti sendiri .Lokasi penelitian pada SD Inpres 12/79 Ulo Kecamatan Tellu Siattinge Kabupaten Bone. Pengumpulan data menggunanakan metode wawancara,observasi,dokumentasi dan kepustakaan. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan teologis-normatif, Psikologis dan sosiologis. Sumberdata yang diperoleh terdiri dari sumber data primer dengan informan sebanyak 10 orang dan data sekunder.
Hasil penelitian dapat di deskripsikan bahwa implementasi nasehat pendidikan Luqma>n al-Haki>m menurut al-Quran dalam pembentukan kepribadian anak di SD Inpres 12/79 Ulo, sudah baik namun belum maksimal, kepribadian anak di SD Inpres sudah mampu mengaplikasikan nasehat pendidikan Luqma>n al-Haki>m dari segi aqidah, ubudiyyah, sosiologi, mental dan akhlak tetapi masih ada siswa belum mampu menjaga ibadah salat, dan akhlak, faktor pendukungnya meliputi, kurikulum, Kepedulian kepala sekolah, tenaga guru dan warga sekolah dan peran serta orang tua, adapun dan kepribadian anak di SD Inpres 12/79 Ulo sudah sebagian besar menunjukan kepribadian baik dalam hal besosialisasi dan akhlaknya kepada teman sebaya dan unsur pendidik faktor penghambatnya adalah penyalah gunaan media, waktu yang terbatas, kurangnya perhatian orang tua dan minat belajar dan kurangnya sosialisasi, adapun solusinya adalah kemampuan baca tulisal Al-Quran yang menjadi standar kelulusan peserta didik dan meningkatkan sosialisasi dan kerja sama pada setiap unsur pendidik.
Implikasi penelitian berdasarkan hasil observasi dan wawancara kepada pihak SD Inpres 12/79 Ulo untuk melakukan optimalisasi terhadap penerapan nasehat pendidikan Luqman al-Hakim dalam pembentukan kepribadian anak dengan menambah kegiatan ekstrakurikuler keagamaan.
File Selengkapnya.....
Tag Favorit :
4. Implementasi Nasehat Pendidikan Luqman al-Hakim adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,
Belum ada Komentar untuk "4. Implementasi Nasehat Pendidikan Luqman al-Hakim"
Posting Komentar