Pengaruh Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Guru Sekolah Dasar Peserta Askes Di Puskesmas Medan Johor Tahun 2003#

ABSTRAK



Penilaian mutu pelayanan kesehatan selama ini hanya terkait pada dimensi

kesesuaian pelayanan yang diselenggarakan dengan perkembangan ilmu dan

teknologi saja. Padahal menurut persepsi pasien (guru SO peserta askes) mutu

pelayanan terkait pada ketanggapan, kepribadian serta keramahan petugas dalam

melayani pasien yang pada akhimya akan menimbulkan kepuasan pada diri pasien itu

sendiri. Penelitian ini untuk mengetahui adakah pengaruh persepsi dengan tingkat

kepuasan guru SD peserta askes, mengingat keduanya merupakan reaksi psikologi

manusia. Metode penelitian ini adalah deskriptif analitik dengan jenis survei. Data

yang dipergunakan adalah data primer dengan menggunakan kuisioner dan data

sekunder yang didapat dari pihak puskesmas, Dinas Pendidikan dan Kantor Camat

Medan Johor. Penelitian ini dilakukuan di 8 Sekolah Dasar Negeri yang ada di

Kecamatan Medan Johor untuk mengetahui persepsi dan kepuasan guru SD peserta

askes atas pelayanan dokter, pelayanan perawat, pelayanan administrasi, pelayanan

obat dan kondisi fisik fasilitas, Penelitian dilakukan selama dua minggu dari tanggal

05 - 18 Desember 2003.

Setelah dilakukan uji statistik dengan menggunakan Regresi Linier Ganda

tahap I diperoleh hasil bahwa dari kelima variabel mutu pelayanan kesehatan yang di

teliti hanya dua variabel yang mempengaruhi kepuasan pasien, yaitu pelayanan dokter

mempunyai pengaruh sebesar 0,584 dengan tingkat signifikan (0,000) < a =0,05 dan kondisi fisik fasilitas mernpunyai pengaruh sebesar 0,318 dengan taraf signifikan (0,025) < a. = 0,05. Sedangkan pelayanan perawat pada taraf signifikan 0,297 pacta a = 0,05 pelayanan administrasi pada taraf signifikan 0,897 pada a = 0,05 dan pelayanan obat pada taraf signifikan 0,414 pada a. = 0,05 tidak memberikan pengaruh pada tingkat kepuasan guru SD peserta askes. Maka persamaan garisnya sebagai berikut: Y = -0,370 + 0,584 (Xl) + 0,147 (X2) + 0,018 (X3) + 0,131 (X4) + 0,318 (XS) Hasil uji statistik Regresi Linier Ganda tahap II menunjukkan bahwa pelayanan dokter dengan taraf signifikan 0,000 pada a =, 0,05 dan kondisi fisik fasilitas dengan taraf signifikan 0,001 pada a. = 0,05 berpengaruh tehadap tingkat kepuasan guru SD peserta askes maka persamaan garisnya sebagai berikut : ~ Y = -0,059 + 0,635 (Xl) + 0,418 (X2) Saran peneliti adalah perlunya penilaian persepsi dijadikan sebagai pelengkap dari penilaian mutu pelayanan yang ada di puskesmas. Sehingga pihak puskesmas dapat memberikan pelayanan yang sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

Pengaruh Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Guru Sekolah Dasar Peserta Askes Di Puskesmas Medan Johor Tahun 2003# adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini Pengaruh Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Guru Sekolah Dasar Peserta Askes Di Puskesmas Medan Johor Tahun 2003#

Belum ada Komentar untuk "Pengaruh Persepsi Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Tingkat Kepuasan Guru Sekolah Dasar Peserta Askes Di Puskesmas Medan Johor Tahun 2003#"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel