468. Nilai-Nilai Ma'rifatullah Dalam Pendidikan Agama Islam
Baca Juga..
ABSTRAK Ma'rifatullah sebagai warisan kekayaan Islam harus terus dijalankan dan dikawal proses transformasi pengetahuan dan nilai (transfer of knowledge and values) yang terkandung didalamnya. Dalam lintasan sejarah, ma'rifatullah telah membuktikan dirinya sebagai salah satu penjaga benteng akidah tertangguh umat Islam. Ini tak lepas dari dalamnya kandungan ajaran yang dikandungnya sehingga membuat siapa saja yang mempelajari ma'rifatullah seakan-akan disuguhi dengan berbagai menu makanan qalbu dan akal yang menyehatkan ruang batin dan fikir yang mempelajarinya. Menghadapi alam modern ini, ma'rifatullah dihadapkan pada tantangan kehidupan yang semakin kompleks. Ini yang membuat manusia terkadang melupakan kewajiban suci menjalankan tugas kekhalifahannya di muka bumi. Penyebab salah satunya adalah karena mulai bergesernya sebagian watak manusia dari orientasi hidup beramal kebajikan menjadi mengejar gaya hidup hedonis dan materialistik. Nilai-nilai dari ma'rifatullah sendiri sedikit demi sedikit mulai ditinggalkan. Untuk itu, dalam jaman kontemporer ini, dirasa perlu dicari pendekatan sinergis yang dapat membangkitkan kembali minat manusia membuka dan mempelajari nilai-nilai ma'rifatullah serta ruang untuk mengaplikasikanya terutama dalam dunia pendidikan agama Islam. Pendekatan yang dipakai haruslah mampu merepresentasikan nilai-nilai yang terkandung dalam ma'rifatullah yang mempunyai relevansi kuat dengan jaman kekinian. Antara ma'rifatullah dengan pendekatan yang dipakai, dituntut selaras dengan visi pendidikan agama Islam. Sebagaimana diketahui bahwa visi pendidikan agama Islam tak lepas dari menyiapkan peserta didik untuk mengenal, memahami, menghayati, hingga pada proses mengimani ajaran-ajaran Islam dalam kehidupannnya, atau bisa dikatakan suautu usaha untuk mengubah tingkah laku individu dalam kehidupan pribadinya, kehidupan kemasyarakatannya dan kehidupan alam sekitarnya melalui proses pendidikan yang dilandasi oleh nilainilai Islami, agar nantinya peserta didik mampu, sanggup dan terampil dalam menjalankan kehidupan sebagai upaya menjaga kelangsungan hidup dan perkembangannya. Menjawab tantangan seperti itu, maka dibutuhkan sebuah analisis yang tepat mengenai kesesuaian nilai-nilai ma'rifatullah dengan kondisi sekarang, serta penerapannya pada pendidikan agama Islam. Oleh sebab itu dibutuhkan sebuah model pendidikan yang bisa memasukkan nilai-nilai ma'rifatullah pada kehidupan modern. Pendekatan tersebut adalah pendekatan kontekstual. Oleh sebab itu dalam dalam penulisan skripsi ini, jenis penelitian yang digunakan oleh penulis adalah metode penelitian diskriptif, dengan menekankan pada kekuatan analisis data pada sumber-sumber data yang ada, sehingga hasil penelitian tidak berupa angka-angka melainkan berupa interpretasi dan kata-kata. Sedangkan pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunkan library research dengan mengkaji buku: Ma'rifatullah Membangun Kecerdasan Spiritual, Intelektual, Emosional, Sosial, dan Akhlakul Karimah" sebagai data primernya, serta dari buku-buku pendidikan yang ada relevansinya dengan obyek penelitian ini, yang dijadikan data sekunder. Kemudian data-data yang terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif dan content analysis yaitu dengan megumpulkan dan menyusun data untuk menarik kesimpulan dari karekteristik pesan yang tergambar dalam data yang dilakukan secara objektif dan sistematis. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwasanya konsep ma'rifatullah dapat diaplikasikan pada ranah pendidikan agama Islam, salah satunya adalah dengan mengkaitkan konsep atau teori yang dipelajari didik dengan lingkungan kehidupan mereka. Hasil penelitian ini diharapkan mampu memberikan sumbangsih pemikiran pendidikan yang dapat dijadikan referensi dalam mengembangkan pendidikan agama Islam yang lebih komprehensif, selain itu hasil penelitian ini belum bisa dikatakan final, maka dari itu diharapkan terdapat peneliti lebih lanjut yang mengkaji ulang hasil penelitian ini.
Tag Favorit : skripsi coping stress skripsi learning cycle 7e skripsi xrf skripsi evaluasi program pembelajaran skripsi manajemen sdm skripsi psak 01 Dakwah Ekonomi skripsi teknik lingkungan skripsi 3 variabel psikologi judul skripsi k-means skripsi analisis judul skripsi k 13 Tesis Farmasi Matematika skripsi course review horay
468. Nilai-Nilai Ma'rifatullah Dalam Pendidikan Agama Islam adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,
Baca Juga..
- Peranan Pendidikan Islam Dalam Pembinaan Akhlak Generasi Muda Di Desa Arallae Kec. Kahu Kab. Bone
- Peranan Guru Bidang Studi Al Quran Hadits Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al Quran Santriwati Pondok Pesantren Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Kota Makassar
- 925. Analisis Komparatif Pemikiran Ibnu Tufail Dan Jean Piaget Tentang Konsep Epistemologi Dan Implikasinya Dalam Pendidikan Agama Islam
- 924. Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Kh. Ahmad Dahlan




Belum ada Komentar untuk "468. Nilai-Nilai Ma'rifatullah Dalam Pendidikan Agama Islam"
Posting Komentar