472. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Ardjuna Malang

Baca Juga..

ABSTRAK Pendidikan agama Islam merupakan salah satu bidang studi di lembaga pendidikan umum. Sedangkan dalam lembaga pendidikan Islam bidang studi pendidikan agama Islam lebih diperinci misalnya bidang studi Al-Qur’an Hadist. Namun ini tidak dapat dijadikan sebuah patokan bahwa lulusan lembaga pendidikan umum minim akan wawasan keagamaan. Dalam kurun waktu akhir-akhir ini timbul perubahan sosial di berbagai sektor kehidupan umat manusia, maka pendidikan agama Islam harus merubah strategi dan taktik operasional sehingga lebih efektif dan efisien. Namun usaha-usaha yang telah dilakukan selama ini ternyata masih kurang mampu untuk mendongkrak tata nilai pendidikan agam yang masih terpuruk. Hal ini terbukti dengan adanya perilaku siswa yang masih sering bertentangan dengan tata nilai keislaman. Dari realitas itu skripsi ini berjudul Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Ardjuna Malang. Berdasarkan fenomena tersebut, maka skripsi ini merumuskan masalah yaitu bagaimana problematika pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Ardjuna Malang? Dan faktor-faktor apakah yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Ardjuna Malang? Inti penelitian ini hendak mendiskripsikan dan menganalisis permasalahan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dan faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran pendidikan di SMA Ardjuna Malang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif diskriptif dengan rancangan studi kasus. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan: (1) Pengamatan peran serta; (2) Wawancara mendalam; dan (3) Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tehnik sampling purposif dipadukan dengan snowball sampling. Pengecekan kredibilitas data menggunakan triangulasi, pengecekan anggota dan diskusi sejawat. Data dianalisis dengan cara: (1) Analisis selama pengumpulan data; (2) Analisis sesudah pengumpulan data. Dari hasil analisis data diperoleh: (1) permasalahan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam meliputi: dari segi pendidik, guru di SMA Ardjuna Malang sudah kompeten dalam bidangnya namun guru kurang memberikan uswah keagamaan dalam pergaulan di lingkungan sekolah dan minimnya jumlah guru khususnya guru pendidikan agama Islam dilembaga tersebut. Dari segi anak didik, kurang adanya minat dari siswa terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam. Dari segi alat pendidikan, kesulitan dalam menentukan metode yang sesuai dengan materi dan beranekaragamnya tingkat intelegensi siswa dalam satu kelas, untuk perlengkapan pembelajaran tempat ibadah siswa masih gabung dengan siswa SMK Ardjuna I Malang. Dari segi lingkungan keluarga kurang memperhatikan perkembangan pendidikan keagamaan anaknya, lingkungan masyarakat sudah mendukung kegiatan keagamaan akan tetapi jumlah siswa yang terjun kemasyarakat sedikit. (2) faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Ardjuna Malang yakni sedikitnya jumlah anak didik dan terbatasnya ruang kelas, tempat ibadah siswa masih gabung dengan siswa SMK Ardjuna I Malang, wawasan keagamaan siswa yang beranekaragam.
File Selengkapnya.....

Tag Favorit : skripsi qualitative Pendidikan Ekonomi skripsi kuantitatif skripsi narkoba skripsi r+d matematika bab v skripsi kualitatif skripsi variabel intervening bab i skripsi pdf skripsi olahraga semester 8 skripsi skripsi jurusan akuntansi skripsi korelasi skripsi loyalitas karyawan skripsi campur kode skripsi 5s

472. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Ardjuna Malang adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Minggu 6 April 2025
472. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Ardjuna Malang 472. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Ardjuna Malang 472. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Ardjuna Malang 472. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Ardjuna Malang

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "472. Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMA Ardjuna Malang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel