492. Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an

ABSTRAK Demi mewujudkan generasi yang memahami dan mengamalkan al-Qur'an, dan demi merangsang minat belajar al-Qur'an tersebut sudah banyak jalan yang ditempuh, seperti pada Taman Pendidikan al-Qur’an (TPQ). Pada banyak TPQ ini pengajaran lebih ditekankan pada cara membaca al-Qur'an dan juga mempunyai peranan penting dalam pembentukan kepribadian anak yang bertaqwa kepada Allah SWT serta berbudi luhur dalam kehidupan bermasyarakat. Akan tetapi, pada realita yang terjadi saat ini manyoritas TPQ hanya mengajarkan cara membaca al-Qur'an dan ilmu tajwid saja, seakan-akan mengenyampingkan nilainilai Agama. Sementara itu, pembelajaran al-Qur’an di TPQ Al-Hikmah Sukodono-Lumajang tidak hanya mengajarkan cara membaca al-Qur'an dan ilmu Tajwid, tetapi guru juga menanamkan nilai-nilai keagamaan, baik yang menyangkut aqidah, ibadah maupun akhlaq. Latar belakang di atas, peneliti refleksikan menjadi rumusan masalah, yaitu: 1). Bagaimana upaya guru dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa TPQ Al-Hikmah Sukodono- Lumajang? 2). Metode apa yang digunakan guru dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa TPQ Al-Hikmah Sukodono-Lumajang? Tujuan penelitian ini antara lain: Peneliti ingin mengetahui upaya guru dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa taman pendidikan al-Qur’an di TPQ Al-Hikmah Sukodono-Lumajang dan metode guru dalam upaya penanaman nilai-nilai keagamaan pada siswa taman pendidikan al-Qur’an di TPQ Al-Hikmah Sukodono-Lumajang. Penelitian ini menggunakan jenis field research, dan kualitatif sebagai pendekatannya, dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder yang dikumpulkan melalui metode Inteview, wawancara dan dokumentasi, kemudian diolah melalui tiga tahapan yaitu editing, classifaying dan verifying. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan mengunakan metode deskritif kualitatif yaitu dengan menggambarkan data yang diperoleh dengan kata-kata atau kalimat yang dipisahkan untuk memperoleh kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian ini antara lain: Upaya guru dalam penanaman nilai-nilai keagamaan pada anak didik di TPQ Al-Hikmah Sukodono Lumajang berupa penanaman nilai-nilai keagamaan dibidang aqidah seperti mengenalkan Allah melalui ciptaannya, mengenalkan arti yang terkandung dalam al-Qur’an, mengenalkan Rasul dan mengenalkan nama Malaikat dan tugasnya. Sedangkan penanaman dibidang syari’ah adalah mengenalkan shalat 5 waktu dan wudlu, mengenalkan puasa di bulan Ramadhan, mengenalkan Zakat fitrah dan mengenalkan Haji. Dan dibidang akhlak yaitu akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap dirinya sendiri dan sesama dan akhlak dalam keluarga. Sedangkan metode-metode yang digunakan guru dalam penanaman nilainilai keagamaan pada anak didik di TPQ Al-Hikmah Sukodono Lumajang berupa metode Tanya Jawab, metode Pembiasaan, metode Keteladanan, metode Cerita dan Metode menyanyi, metode Demonstrasi dan metode Karyawisata. Beberapa metode di atas diharapkan bisa mempermudah pengajar dalam menanamkan nilainilai keagamaan pada anak didik di TPQ al-Hikmah Sukodono Lumajang. File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

492. Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

492. Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an 492. Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an 492. Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an 492. Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an

Belum ada Komentar untuk "492. Upaya Guru Dalam Penanaman Nilai-Nilai Keagamaan Pada Siswa Taman Pendidikan Al-Qur'an"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel