493. Pendidikan Keterampilan Sebagai Upaya Pemberdayaan Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Sungai Pinang Bungo Dani Bungo Jambi)
ABSTRAK Banyaknya Madrasah di Indonesia serta banyaknya jumlah siswa pada tiap Madrasah menjadikan Madrasah sebagai lembaga yang layak diperhitungkan dalam pembangunan bangsa dibidang pendidikan dan moral. Perbaikan-perbaikan yang secara terus menerus dilakukan terhadap Madrasah, baik dari segi manajemen akademik (kurikulum) maupun fasilitas menjadikan Madrasah keluar dari kesan sebagai sekolah kolot yang selama ini disandangnya. Seperti yang dilakukan oleh Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Sungai Pinang Bungo Dani Bungo Jambi yang melaksanakan pendidikan keterampilan sebagai upaya pemberdayaan siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut maka penulis menetapkan beberapa masalah yaitu: Apa jenis-jenis pendidikan keterampilan yang dilaksanakan, metode apa yang diterapkan dalam kegiatan pendidikan keterampilan, dan bagaimana upaya yang dilakukan untuk meningkatkan pemberdayaan siswa dengan pendidikan keterampilan itu. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif. Dan dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, interview, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa data-data yang tertulis atau lisan dari orang yang diamati sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan di sini bahwa: Jenis-jenis pendidikan keterampilan yang dilaksanakan di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Sungai Pinang Bungo Dani Bungo Jambi adalah: 1) keterampilan pertukangan, 2) keterampilan perbengkelan, 3) keterampilan tata busana, 4) keterampilan komputer, 5) keterampilan pramuka, dan 6) keterampilan karya ilmiah remaja. Metode yang digunakan dalam pembelajaran keterampilan ini adalah metode learning by doing yaitu belajar sambil bekerja artinya ketika mereka diberi materi tentang hal yang bersangkutan dengan pendidikan tersebut, maka disitu pula mereka diminta mencoba untuk belajar memparaktekkannya. Upaya pemberdayaan yang dilakukan adalah: 1) menjalin kerja sama dengan pihak pemerintahan atau dinas instansi pemerintah yang terkait, lembaga-lembaga tinggi dan masyarakat di sekitar Madrasah serta menjalin kerjasama dengan pihak luar sebagai usaha memperolah dukungan dan pembinaan dalam kegiatan belajar mengajar berbagai jenis keterampilan yang dibutuhkan siswa di Madrasah, 2) dengan menawarkan beberapa keterampilan yang sekiranya nanti diminati oleh para siswa sehingga mereka bisa mendapatkan pembimbingan yang ekstra, 3) mengikut sertakan siswa dalam acara-acara lomba yang berkaitan dengan pendidikan dan keterampilan. Membina sikap berwirausaha siswa melalui pembelajaran keterampilan sebagai salah satu langkah lanjut dari langkah pokok memberikan pengajaran agama yang memang harus dimiliki oleh setiap Madrasah. Menumbuh kembangkan pendidikan di Madrasah melalui pendekatan dan pembinaan program pembelajarannya yang berkelanjutan yang melalui langkah-langkah sebagai berikut: 1) Mengidentifikasi dan mengklasifikasikan jenis-jenis pendidikan keterampilan yang dibutuhkan berdasarkan bakat dan minat. 2) Menyusun program pembelajaran dengan mempertimbangkan waktu, tempat, sarana dan prasarana. 3) Pembinaan kerjasama terhadap program pendidikan sekurangkurangnya melibatkan lembaga-lembaga seperti perguruan tinggi, dan mayarakat. 4) Pembinaan pendidikan keterampilan adalah semata-mata untuk bekal di masa depan.
Tag Favorit :
493. Pendidikan Keterampilan Sebagai Upaya Pemberdayaan Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Sungai Pinang Bungo Dani Bungo Jambi) adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "493. Pendidikan Keterampilan Sebagai Upaya Pemberdayaan Siswa (Studi Kasus Di Madrasah Tsanawiyah Bahrul Ulum Sungai Pinang Bungo Dani Bungo Jambi)"
Posting Komentar