509. Manajemen Pengendalian Mutu Madrasah Model

ABSTRAK Ditengah persaingan era global dan pasar bebas, manusia dihadapkan pada perubahan-perubahan yang tidak menentu. Kondisi tersebut telah mengakibatkan hubungan yang tidak linear antara pendidikan dan dunia kerja atau”one to one relationship’’ , karena apa yang terjadi dalam lapangan kerja sulit diikuti oleh pendidik sehingga terjadi kesenjangan. Menyadari hal tersebut setiap organisasi/lembaga pendidikan harus cepat tanggap terhadap kondisi yang terjadi dan memiliki kemampuan untuk menyesuaikan. Selain itu para profesional pendidikan dituntut untuk melakukan upaya penyempurnaan manajemen pendidikan, baik melalui sekolah/madrasah bermutu dengan konsep pengendalian mutu pada sistem pendidikan. Adapun fokus masalah dalam penelitian ini yaitu proses manajemen pengendalian mutu dan upaya peningkatan mutu pada madrasah model melalui pengendalian mutu. Dari fokus masalah tersebut, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Manajemen Pengendalian Mutu dan upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan mutu pada Madarasah Model MAN 3. Serta untuk mengetahui hasil dari pengendalian mutu (Quality Control) dan upaya peningkatan mutu dalam lembaga pendidikan MAN 3 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Instrumen atau alat yang digunakan dalam penelitian ini untuk mendapatkan data dan informasi adalah peneliti sendiri, yaitu dengan melakukan wawancara dengan kepala sekolah, waka-waka yang terkait dengan fokus penelitian. Adapun pedoman wawancara (interview guide), yaitu berupa materi atau poin-poin yang menjadi acuan dalam melakukan wawancara dengan narasumber. Selain itu juga menggunakan tape recorderd untuk merekam hasil wawancara dan menggunakan catatan lapangan (field note) yaitu catatan dilapangan untuk mencatat hasil wawancara dan pengamatan selama melakukan penelitian. Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti menujukkan bahwa Manajemen Pengendalian Mutu Madrasah Model di MAN 3 Malang telah terlaksana secara sistematik dan berkala, yang terbukti dalam pekan evaluasi mingguan, bulanan dan tahunan yang telah dilaksanakan. Oleh karena itu untuk mengimplementasikan program-program dan rencana mutu di Madrasah agar tidak stagnan perlu disandingkan dengan konsep pengendalian mutu. Adapun indikator keberhasilan dari konsep pengendaian mutu yang telah diterapkan di MAN 3 Malang yaitu adanya konsep penilaian atau pengukuran dengan indikator keberhasilan adanya pencapaian hasil yang dilakukan pada peningkatan mutu produk (mutu lulusan) dan evaluasi atau monitoring dan konsep perbaikan secara terus-menerus yang tercermin dalam perencanaan yang jelas, pelaksanaan kegiatan organisasi lembaga pendidikan serta adanya pengarahan dari pimpinan. File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

509. Manajemen Pengendalian Mutu Madrasah Model adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 509. Manajemen Pengendalian Mutu Madrasah Model

Belum ada Komentar untuk "509. Manajemen Pengendalian Mutu Madrasah Model"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel