518. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Aqidah Akhlak

ABSTRAK Judul skripsi ini diangkat dari sebuah latar belakang tentang fenomena yang terjadi di sekitar kita yang secara normatif menyimpang, seperti keterlibatan peserta didik dalam tawuran antar pelajar, bolos sekolah, tidak mengerjakan pekerjaan rumah (PR), tidak membayar SPP atau akhlak tercela lainya. Dalam pembelajaran aqidah akhlak ini siswa diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan keimanannya yang diwujudkan dalam tingkah laku terpuji. Selain itu, siswa juga diarahkan mencapai keseimbangan antara kemajuan lahiriah dan batiniah, keselarasan hubungan antara manusia dalam lingkup sosial masyarakat dan lingkungannya juga hubungan manusia dengan Tuhannya. Dengan begitu, pembelajaran aqidah akhlak penerapannya akan melahirkan ketenangan dan ketentraman hidup baik di dunia maupun di akhirat. Dari latar belakang di atas penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran guru dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak di MTs Masyhudiyah kebomas Gresik dan juga mengetahui faktor pendorong dan penghambat guru dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak. Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kuantitatif. Kemudian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Adapun jumlah populasinya adalah 260 siswa MTs. Masyhudiyah Kebomas Gresik dan sampelnya diambil 20% dari jumlah populasi yaitu sebanyak 50 siswa, 2 siswa yang dinyatakan tidak hadir karena sakit, sedangkan lokasi yang diteliti adalah di MTs. Masyhudiyah Kebomas Gresik. Selanjutnya setelah data diperoleh dan dikumpulkan, data kemudian diklasifikasikan dan dianalisis. Dalam penelitian ini digunakan teknik analisa data “prosentase”. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peningkatan kualitas pembelajaran aqidah akhlak telah dilakukan, baik upaya peningkatan kualitas guru dibidang studi aqidah akhlak itu sendiri maupun peningkatan kualitas guru oleh kepala sekolah serta peran guru dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak bersama siswa. Adapun peran yang dilakukan oleh guru adalah peningkatan materi, penggunaan motode yang bervariasi, pemanfaatan fasilitas dan melakukan evaluasi. Dalam meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak terdapat terdapat juga faktor pendorong dan penghambat. Adapun yang menjadi faktor pendorong adalah minat siswa yang tinggi (80%) terhadap mata pelajaran aqidah akhlak sedangkan yang menjadi faktor penghambat adalah latar belakang siswa yang berbeda-beda di tingkat kecerdasan yang tidak sama. Dengan demikian untuk meningkatkan pembelajaran aqidah akhlak maka sebagai guru dan kepala sekolah lebih memantapkan tugasnya dengan melakukan berbagai usaha serta mampu memecahkan berbagai hambatan yang dihadapi. File Selengkapnya.....

Tag Favorit :

518. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Aqidah Akhlak adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

518. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Aqidah Akhlak 518. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Aqidah Akhlak 518. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Aqidah Akhlak 518. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Aqidah Akhlak

Belum ada Komentar untuk "518. Peranan Guru Dalam Meningkatkan Pembelajaran Aqidah Akhlak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel