2. Studi Eksperimen Penggunaan Media Diversity Doll Dan Media Gambar Sebagai Penanam Sikap Toleransi Anak Usia 4-6 tahun

ABSTRAK 

Soraya, Sekti. Studi Eksperimen Penggunaan Media Diversity Doll Dan Media Gambar Sebagai Penanaman Sikap Toleransi Anak Usia 4-6 Tahun Di Raudhotul Athfal 02 Mangunsari Semarang, Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I : Dra. Lita Latiana, SH., M.H, Pembimbing II: Edi Waluyo, S.Pd, M.Pd.

Keberagaman membuat kita harus belajar untuk hidup bersama dalam perbedaan. Penanaman toleransi tersebut dapat dimulai sejak usia dini. Namun kenyataan yang dijumpai masih minimnya pengembangan moral terutama toleransi yang disajikan secara menarik dalam pembelajaran menggunakan media. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah karakteristik media diversity doll, media gambar dan adakah perbedaan penggunaan  media diversity doll dan media gambar sebagai penanaman sikap toleransi anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa penggunaan media dalam  hal ini media diversity doll mempengaruhi perkembangan toleransi anak usia dini. 
Jenis penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian menggunakan Quasi eksperimen design jenis Nonequivalent Control Group Desig.  Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa- siswi Roudhotul Athfal 02 Mangunsari Semarang tahun ajaran 2012 yang berjumlah 105 siswa. Sedangkan untuk sampelnya adalah TKB 2 kelas yang masing-masing kelas terdiri dari 16 peserta didik. 
Analisis data dalam penelitian adalah uji normalitas, uji kesamaan varian dan uji T test. Dari hasil penelitian diperoleh simpulan hipotesis kerja (Ha) kelompok Eksperimen dan Kontrol Sebelum treatment ditolak, sedangkan Eksperimen dan Kontrol Setelah treatment diterima. Setelah treatment terdapat peningkatan kemampuan toleransi anak baik kelompok Eksperimen  maupun kelompok kontrol yaitu Kelompok kontrol dengan kriteria  tinggi 31,25% menjadi 75,00%. Sedangkan untuk kelompok Eksperimen sangat tinggi dari 0,00% menjadi 56,25%. Kriteria tinggi dari 31,25% menjadi 37,50%. Hasil akhir perhitungna T test menunjukan adaperbedaan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, dan kelompok eksperimen dinyatakan lebih baik daripada kelompok kontrol. Berdasarkan simpulan di atas, maka disarankan untuk mengaplikasikan penggunaan media diversity doll setelah penelitian ini untuk penanaman sikap toleransi. Membatasi penggunaan lembar kerja yang membuat keterbatasan perkembangan anak.

Kata kunci: Sikap toleransi, media diversity doll, media gambar 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

2. Studi Eksperimen Penggunaan Media Diversity Doll Dan Media Gambar Sebagai Penanam Sikap Toleransi Anak Usia 4-6 tahun adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

2. Studi Eksperimen Penggunaan Media Diversity Doll Dan Media Gambar Sebagai Penanam Sikap Toleransi Anak Usia 4-6 tahun 2. Studi Eksperimen Penggunaan Media Diversity Doll Dan Media Gambar Sebagai Penanam Sikap Toleransi Anak Usia 4-6 tahun 2. Studi Eksperimen Penggunaan Media Diversity Doll Dan Media Gambar Sebagai Penanam Sikap Toleransi Anak Usia 4-6 tahun 2. Studi Eksperimen Penggunaan Media Diversity Doll Dan Media Gambar Sebagai Penanam Sikap Toleransi Anak Usia 4-6 tahun

Belum ada Komentar untuk "2. Studi Eksperimen Penggunaan Media Diversity Doll Dan Media Gambar Sebagai Penanam Sikap Toleransi Anak Usia 4-6 tahun"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel