3. Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru Paud Dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pg Paud

ABSTRAK

Susiani, Ida. 2012. “Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru PAUD dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa PG PAUD FIP UNNES”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Semarang.

Persepsi merupakan suatu proses pengamatan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan melalui panca indera menjadi sebuah pengertian yang menjadi dasar bagi pengalaman dan pengetahuannya. Kesejahteraan merupakan kondisi dimana seseorang merasa aman, sentosa, makmur serta dapat memenuhi kebutuhan hidupnya disertai dengan apresiasi sosial dimana ia hidup. Minat pada dasarnya suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya hubungan dan pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi terhadap kesejahteraan guru PAUD dengan minat menjadi guru pada mahasiswa PG PAUD FIP UNNES. Populasi dari penelitian ini merupakan mahasiswa PG PAUD FIP UNNES angkatan 2008-2011 yang berjumlah 171 mahasiswa dengan sampel yang diambil sejumlah 102 responden. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif persentase dengan analisis regresi sederhana.
Hasil dari analisis diperoleh nilai R sebesar 0,729 dengan taraf signifikansi 0,005 ini berarti bahwa antara persepsi terhadap kesejahteraan guru dengan minat menjadi guru pada mahasiswa PG PAUD FIP UNNES memiliki hubungan. Persepsi terhadap kesejahteraan guru dengan minat menjadi guru mempunyai pengaruh yang signifikan, dengan nilai Rsquare sebesar 53,2% artinya pengaruh antara persepsi tehadap kesejahteraan guru PAUD dengan minat menjadi guru pada mahasiswa PG PAUD FIP UNNES dipengaruhi sebesar 53,2% dan sisanya 46,8% dipengaruhi oleh faktor lain.
Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa persepsi terhadap kesejahteraan guru mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru. Oleh karena itu jika pandangan terhadap kesejahteraan seorang  guru PAUD lebih dinaikkan lagi maka minat mahasiswa untuk menjadi guru juga  akan ikut naik. Maka mahasiswa disarankan untuk lebih memperhatikan kesejahteraan guru –guru PAUD yang  bekerja pada lemabaga PAUD dimana  lembaganya sudah lebih maju/besar (daerah perkotaan) dan sekiranya gaji yang diterima jauh lebih besar dibanding dengan lembaga PAUD yang masih bersakala kecil (daerah pedesaan). Dengan memiliki pandangan bahwa semakin sejahteranya guru-guru PAUD yang bekerja di lembaga PAUD yang lebih  maju/besar tersebut maka minat menjadi guru PAUD pada diri individu tersebut akan bertambah. Karena mahasiswa akan berpandangan bahwa nantinya jika menjadi guru PAUD maka hidupnya akan sejahtera.

Kata Kunci ; Persepsi, kesejahteraan guru, minat
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

3. Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru Paud Dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pg Paud adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 3. Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru Paud Dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pg Paud

Belum ada Komentar untuk "3. Pengaruh Persepsi Terhadap Kesejahteraan Guru Paud Dengan Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pg Paud"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel