Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI
ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh mata pelajaran IPA yang selama ini diajarkan di MI Bendiljati Wetan masih monoton menggunakan metode ceramah dan akibatnya siswa merasa bosan sehingga kegiatan belajar yang selama ini berlangsung menjadi tidak efektif.
Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah: (1) Bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kenampakan matahari siswa kelas II MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung? (2)Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kenampakan matahari siswa kelas II MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA siswa kelas II MI Bendiljati Wetan Tulungagung.
Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Class Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.
Hasil belajar menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Bendiljati Wetan dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 75,62. Siswa yang mendapat nilai >75 sebanyak 8 siswa (50%) dan <75 86="" 8="" ii="" mendapat="" nilai="" pada="" rata-rata="" sebanyak="" sedangkan="" siklus="" siswa="" yang="">75 sebanyak 14 siswa (87,5%) dan <75 13="" 2="" 37="" begitu="" belajar="" dari="" demikian="" dengan="" hasil="" i="" ii.="" ii="" ipa="" ke="" ketuntasan="" p="" pada="" peningkatan="" pula="" rata="" sebanyak="" sebesar="" siklus="" siswa="" terjadi="" yaitu="">75>75>
File Selengkapnya..... Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Picture and Picture, Hasil Belajar.
Tag Favorit :
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI adalah yang barusan kamu baca.
Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan!
,
Request file ini Via WA
Klik Disini
Buruan Mumpung masih Ada
silahkan KLIK
TOMBOL WHATSAPP/
WA
Klik Disini
Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI
Belum ada Komentar untuk "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI "
Posting Komentar