Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi oleh mata pelajaran IPA yang selama ini diajarkan di MI Bendiljati Wetan masih monoton menggunakan metode ceramah dan akibatnya siswa merasa bosan sehingga kegiatan belajar yang selama ini berlangsung menjadi tidak efektif.
Rumusan  masalah  dalam  penulisan  skripsi  ini  adalah:  (1)  Bagaimana penerapan  model pembelajaran kooperatif tipe  picture and  picture  pada  mata pelajaran IPA pokok bahasan kenampakan matahari siswa kelas II MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung? (2)Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA pokok bahasan kenampakan matahari siswa kelas II MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung?. Adapun yang menjadi tujuan penelitian  ini  adalah  untuk  mendeskripsikan  penerapan  model  pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe picture and picture pada mata pelajaran IPA siswa kelas II MI Bendiljati Wetan Tulungagung.
Penelitian  ini  menggunakan  Penelitian  Tindakan  Kelas  (Class  Action Research) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas II MI Bendiljati Wetan, Sumbergempol, Tulungagung. Teknik yang digunakan dalam mengumpulkan data antara lain tes, observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan mencakup reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 75% dari tujuan yang seharusnya dicapai, dengan nilai KKM 75.
Hasil   belajar   menunjukkan   bahwa   penerapan   model   pembelajaran kooperatif tipe picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II MI Bendiljati Wetan dalam pembelajaran IPA. Hal ini dapat dilihat dari proses belajar mengajar dan nilai tes akhir pada proses belajar mengajar siklus 1 dan siklus 2. Pada siklus I nilai rata-rata kelas 75,62. Siswa yang mendapat nilai >75 sebanyak 8 siswa (50%) dan <75 86="" 8="" ii="" mendapat="" nilai="" pada="" rata-rata="" sebanyak="" sedangkan="" siklus="" siswa="" yang="">75 sebanyak 14 siswa (87,5%) dan <75 13="" 2="" 37="" begitu="" belajar="" dari="" demikian="" dengan="" hasil="" i="" ii.="" ii="" ipa="" ke="" ketuntasan="" p="" pada="" peningkatan="" pula="" rata="" sebanyak="" sebesar="" siklus="" siswa="" terjadi="" yaitu="">

Kata  Kunci:  Model  Pembelajaran  Kooperatif  tipe  Picture  and  Picture,  Hasil Belajar.


File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI

Belum ada Komentar untuk "Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas II MI "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel