22. Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian

ABSTRAK

Pembangunan dengan sumber daya yang terbatas sebagai konsekuensinya harus difokuskan kepada pembangunan sektor-sektor yang memberikan dampak pengganda (multiplier effect) yang besar terhadap sektor-sektor lainnya atau perekonomian secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan sektor unggulan perekonomian wilayah Kota Bima sebagai bahan informasi dan pertimbangan dalam perencanaan pembangunan ekonomi. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa runtun waktu (time series) dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kota Bima dan Provinsi Nusa Tenggara Barat tahun 2005-2009. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu  analisis Klassen Tipology, analisis Location Quotient (LQ) dan analisis Shift Share. 
Hasil analisis Klassen Tipology menunjukkan sektor yang maju dan tumbuh dengan pesat yaitu sektor perdagangan, hotel dan restoran dan sektor pengangkutan dan komunikasi. Hasil analisis Location Quotient menunjukkan sektor listrik, gas, dan air bersih, sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor pengangkutan dan komuniasi, sektor keuangan, persewaan dan jasa perusahaan dan terakhir sektor jasa-jasa merupakan sektor unggulan di Kota Bima. Hasil analisis Shift Share menunjukkan bahwa sektor yang merupakan sektor kompetitif, yaitu sektor pertambangan dan penggalian, sektor industri pengolahan, sektor listrik, gas dan air bersih, sektor bangunan, sektor perdagangan, hotel dan restoran, sektor pengangkutan dan komunikasi, sektor keuangan, persewaan dan jasa perusahaan dan sektor jasa-jasa.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

22. Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 22. Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian

Belum ada Komentar untuk "22. Analisis Penentuan Sektor Unggulan Perekonomian"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel