38. Analisis Efisiensi Biaya Operasional Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Tani Cokelat Di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo

ABSTRAK

Penelitian dilakukan dengan metode analisis Regresi Linear Berganda dan analisis R/C ratio. Metode ini digunakan untuk mengetahui pengaruh efisiensi biaya operasional terhadap tingkat pendapatan usahatani cokelat dan untuk mengetahui kondisi pendapatan dan biaya produksi yang digunakan di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah petani kakao  yang dipilih secara acak di Desa Tanrongi Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 20 orang yang mempunyai usahatani kakao. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan wawancara/koesioner. Teknik pengolahan data meliputi editing, koding dan tabulasi data, kemudian dianalisis secara deskriptif.
Penelitian ini menunjukkan (1) Lahan usahatani yang dimiliki petani pada daerah penelitian berkisar 0,5 Ha – 5 Ha. (2) Asal bibit yang ditanam petani kakao di Desa Tanrongi adalah mereka hanya memelihara atau menyamai sendiri. (3) Produksi dalam penelitian ini adalah hasil yang diperoleh dari para petani kakao selama satu tahun dengan rata-rata total produksi sebesar 3.995 kg. Hasil dari penelitian  ini  menunjukkan  bahwa  (1)  Pada  biaya  operasional  yakni  biaya pestisida   mempengaruh  secara  signifikan  terhadap  pendapatan,  yaitu  sebesar 86,5% dan sisanya 13,5% dipengarui faktor lain selain biaya pestisida. Dapatlah dikatakan  bahwa  sekalipun  penggunaan pupuk  lebih  banyak  digunakan  atau tenaga kerja lebih  aktif  dalam  bekerja namun  jika tidak diberi  pestisida atau diperhatikan hama pada tanaman cokelat maka ini dapat mengurangi produksi cokelat dikarenakan hama yang menyerang tanaman. (2) Kondisi pendapatan usahatani cokelat dalam proses perhitungan dengan perbandingan penerimaan dan biaya produksi R/C ratio mengalami keuntungan.

Kata Kunci: Usahatani Kakao, Analisis Regresi Berganda , Analisis Penerimaan dan Pendapatan R/C ratio.

File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

38. Analisis Efisiensi Biaya Operasional Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Tani Cokelat Di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 38. Analisis Efisiensi Biaya Operasional Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Tani Cokelat Di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo

Belum ada Komentar untuk "38. Analisis Efisiensi Biaya Operasional Terhadap Tingkat Pendapatan Usaha Tani Cokelat Di Kecamatan Pitumpanua Kabupaten Wajo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel