46. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Takalar

Baca Juga..

BAB I 
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Masalah sumber daya manusia masih menjadi sorotan dan tumpuan   untuk  tetap   bertahan   di  era  globalisasi.   Sumber   daya manusia mempunyai peran utama dalam setiap kegiatan instansi. Walaupun didukung sarana prasarana serta sumber dana yang berlebihan tetapi tanpa dukungan sumber daya manusia yang handal kegiatan instansi tidak akan berjalan dengan baik.
Sumber daya manusia merupakan kunci pokok yang harus diperhatikan dengan segala kubutuhannya. Sumber daya manusia merupakan ujung tombak yang akan menentukan keberhasilan pelaksanaan    kegiatan    instansi.    Pengelolaan    sumber    daya manusia  mempengaruhi  kinerja organisasi  dengan  praktek manajemen  yang dilakukan dan memiliki sasaran cukup luas tidak terbatas pada pegawai operasional saja, tetapi meliputi tingkatan manajerial. Inti dari manajemen sumber daya manusia adalah pengelolaan manusia di dalam organisasi secara optimal agar kinerja organisasi pun seperti yang diharapkan.
Asumsi  yang  lahir  dari  manajemen  sumber  daya  manusia adalah   bahwa   manusia   memiliki   akal,   perasaan,   keinginan, kemampuan,  keterampilan,  pengetahuan, dorongan, daya dan karsa. Semua potensi ini mempengaruhi  upaya organisasi dalam pencapaian tujuannya. Betapapun  majunya teknologi, modal, sumber daya alam, namun   jika  tanpa   sumber   daya manusia   maka   akan   sulit  bagi organisasi  untuk  mencapai  tujuannya.  Betapapun  bagusnya rumusan tujuan dan rencana organisasi, maka akan sia-sia jika unsur sumber daya manusia tidak dikelola secara profesional.
Hal  ini  semakin  jelas  karena  peran  sumber  daya  manusia sebagai  faktor krisis yang dapat menentukan  maju mundurnya  serta hidup   matinya   suatu   usaha   dan   kegiatan   bersama,   baik   yang berbentuk   organisasi   sosial,   lembaga   pemerintah   maupun   badan usaha. Rendahnya sumber daya manusia menyebabkan turunnya efektivas  kerja pegawai,  yang secara  tidak langsung ditentukan  oleh kompetensi (Wibowo,2007:87).
Menurut Argis dalam Tangkilisan (2005: 139) bahwa efektivitas kerja adalah keseimbangan atau pendekatan optimal pada pencapaian tujuan, kemampuan,  dan pemanfaatan  tenaga manusia. Jadi konsep tingkat efektivitas menunjukkan  pada tingkat seberapa jauh organisasi melaksanakan kegiatan atau fungsi-fungsi  sehingga tujuan yang telah ditetapkan  dapat tercapai  dengan menggunakan  secara optimal alat- alat dan sumber yang ada.
Dalam  mencapai   tujuan  tersebut   ada  beberapa   hal  yang meliputi  efektivitas  kerja yaitu,  kuantitas  kerja,  kualitas  kerja,  dan ketepatan waktu dalam menyelesaikan  pekerjaan,  serta kualitas kerja yang baik. Sehingga efektivitas kerja perlu didukung oleh sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang dibutuhkan oleh instansi sehingga  memperoleh  hasil  secara  efektif  dan efisien.  Instansi  juga dituntut agar mengetahui dan mengembangkan faktor-faktor yang mendukung peningkatan efektivitas kerja pegawai dan pemimpin.
Menurut  Wibowo  (2007:  87), kompetensi  merupakan karakteristik yang mendasar pada setiap individu yang dihubungkan dengan kriteria yang direferensikan  terhadap kinerja yang unggul atau efektif dalam sebuah pekerjaan  atau situasi. Pengembangan  sumber daya manusia berbasis kompetensi dilakukan agar dapat memberikan hasil yang sesuai dengan tujuan dan sasaran instansi dengan standart kinerja yang telah ditetapkan. Berdasarkan  hal tersebut  di atas,  penulis  tertarik  melakukan penelitian  pada 

File Selengkapnya.....


Tag Favorit : contoh skripsi 6 bab skripsi h+m Fisika skripsi pendidikan matematika skripsi nyadran skripsi 3 variabel psikologi skripsi good governance Pendidikan Bahasa Inggris skripsi literasi keuangan skripsi novel 99 cahaya di langit eropa skripsi rnd uny kertas skripsi 80 gram variabel y skripsi akuntansi skripsi u turn skripsi visual basic 6.0

46. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Takalar adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Selasa 6 Mei 2025
46. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Takalar 46. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Takalar 46. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Takalar 46. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Takalar

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "46. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Efektivitas Kerja Pegawai Pada Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Takalar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel