11. Kerukunan Umat Beragama (Peran Tokoh Agama Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Aceh Singkil )

ABSTRAK
Tujuan dari penelitian ini adalah mencari tahu faktor penyebab terjadinya konflik antar umat beragama di Kabupaten Aceh Singkil. Pola kehidupan di Aceh Singkil sangat harmonis dan saling hidup   berdampingan   meskipun   berbeda   keyakinan.   Konflik   yang   terjadi   bukan berdasarkan seutuhnya kesalahan masyarakat namum kelalain pemerintah setempat yang seakan menutup mata dengan persoalan yang memang sudah terlalu lama di sampaikan oleh tokoh - tokoh agama setempat.
Metode  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  kualitatif.  Teknik  pegumpulan datanya anatra lain, Observasi/pegamatan yang di lakukan di tempat kejadian dan Wawancara mendalam dengan informan kunci serta studi Keperpustakaan.
Hal yang ingin dikaji yaitu bagaimana peran tokoh agama dalam menjaga kerukuan umat beragama sehinga masyarakat dapat merasakan keyamanan dan kedamain yang seharusnya dirasakan. Temuan dilapangan menunjukan bahwa kurangnya peran dari tokoh-tokoh agama untuk  melakukan sosialisasi  tetang  kerukunan  umat  beragama  yang  nantinya  akan  terjalin dengan baik.
Kesimpulan yaitu Masyarakat   hidup dalam sebuah perbedaan. Dan yang menjadi perbedaan mendasar   pada   masyarakat      adalah   perbedaan   agama   pada   masing-masing individunya. Suatu  yang  perlu  diketahui  disini  adalah  bahwa  perbedaan  yang  ada  pada masyarakat  tersebut tidaklah menjadikan mereka hidup dalam ketegangan hingga menimbulk an suatu konflik seperti konflik-konflik yang sering terjadi dewasa ini yang dilatarbelakangi oleh perbedaan agama, namun keidupan mereka justru sangat harmonis, bisa hidup secara berdampingan, dan sangat menjunjung tinggi toleransi dalam beragama yang selalu memberi dan membantu seperti hari lebaran Aidil Fitri.

Kata Kunci : Kerukunan Umat Beragama
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

11. Kerukunan Umat Beragama (Peran Tokoh Agama Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Aceh Singkil ) adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 11. Kerukunan Umat Beragama (Peran Tokoh Agama Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Aceh Singkil )

Belum ada Komentar untuk "11. Kerukunan Umat Beragama (Peran Tokoh Agama Dalam Menjaga Kerukunan Umat Beragama di Kabupaten Aceh Singkil )"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel