10. Pangobati Batak (Studi Kasus Penyembuh Inang Hotang di Desa Janji Hutanapa, Kecamatan Parlilitan)

ABSTRAK
Penelitian ini membahas mengenai cara pengobatan yang dilakukan Pangobati Batak Inang Hotang. Lingkungan masyarakat dan manusia selalu mengalami perubahan sehingga pengobatan yang dilakukan masyarakat terus berkembang dan mengalami perubahan. Perubahan pengobatan yang terjadi di dalam masyarakat semakin banyak dan beragam pula sehingga membuat masyarakat bebas memilih melakukan cara penyembuhan terhadap penyakit yang dialaminya.
Dalam melakukan penyembuhan penyakit hadir Pangobati Batak Inang Hotang, yang dalam praktiknya tidak menggunakan tenaga medis dalam menyembuhkan setiap pasien. Tidak berbekal ilmu kedokteran dalam melakukan pengobatan, Inang Hotang dipercaya masyarakat di desanya untuk menyembuhan penyakit dan dipanggil dengan sebutan datu atau pangobati.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat etnografi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara dengan informan serta turut dalam beberapa kali membantu persiapan pengobatan di rumah sang pangobati.

Kata   kunci:  Pangobati  Batak,  Penyembuh  Inang  Hotang,   Desa  Janji Hutanapa.
File Selengkapnya.....


Tag Favorit :

10. Pangobati Batak (Studi Kasus Penyembuh Inang Hotang di Desa Janji Hutanapa, Kecamatan Parlilitan) adalah yang barusan kamu baca.

Ketentuan Jika Kamu butuh file Lengkapnya kamu cukup mengganti bea maintance 20RIBU saja, Caranya silahkan chat WA, Setelah FILEnya dikirim ke Kamu baru kamu bayar (bisa di Alfamart/INDOMARET Mudahkan! , Request file ini Via WA Klik Disini

Buruan Mumpung masih Ada silahkan KLIK TOMBOL WHATSAPP/ WA Klik Disini



Gak ada Ruginya dari Pada cari kesana kemari, Klik Disini 10. Pangobati Batak (Studi Kasus Penyembuh Inang Hotang di Desa Janji Hutanapa, Kecamatan Parlilitan)

Belum ada Komentar untuk "10. Pangobati Batak (Studi Kasus Penyembuh Inang Hotang di Desa Janji Hutanapa, Kecamatan Parlilitan)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel