233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V

Baca Juga..

ABSTRAK

Penerapan  Model  Kooperatif  Tipe  Jigsaw  dalam  penelitian  ini  bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Krapyak Wetan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan pada semester I Tahun ajaran 2015/2016 dalam dua siklus, setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Krapyak Wetan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat memperbaiki proses pembelajaran  dan  hasil belajar  IPS  siswa  kelas  V  SDN  Krapyak  Wetan.  Hasil penelitian menunjukan dalam proses pembelajaran siswa yang awalnya pasif menjadi aktif dalam bekerjasama,  bertanggungjawab,  dan menghargai  pendapat  orang  lain dalam kegiatan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukan pada pra tindakan diperoleh ketuntasan 3 siswa atau 12% dan belum tuntas ada 21 siswa atau 88%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 75 nilai standar yang ditentukan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan 9 siswa atau 37% dan belum tuntas ada 15 siswa atau 63%, artinya ada kenaikan hasil belajar pra tindakan ke siklus I. Pada siklus II mengalami kenaikan ketuntasan yaitu 21 siswa atau 87% dan belum tuntas ada 3 siswa atau 13%, dengan demikian ada kenaikan dari siklus I ke Siklus II. Hasil belajar pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena ≥75% siswa sudah mencapai KKM.

Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Model Kooperatif Tipe Jigsaw. 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit : skripsi xrf skripsi zakat pertanian Filsafat skripsi novel 99 cahaya di langit eropa skripsi 50 lembar bab 4 skripsi kualitatif bab i skripsi kualitatif judul skripsi d iv kebidanan Tips Skripsi skripsi bmt skripsi 5g skripsi k-nearest neighbor skripsi 50 responden isi bab v skripsi skripsi 7p

233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Rabu 2 April 2025
233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V 233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V 233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V 233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel