233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V
Baca Juga..
ABSTRAK
Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Krapyak Wetan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilaksanakan pada semester I Tahun ajaran 2015/2016 dalam dua siklus, setiap siklus ada dua pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Krapyak Wetan yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskripsi kuantitatif dan kualitatif.
Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dapat memperbaiki proses pembelajaran dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Krapyak Wetan. Hasil penelitian menunjukan dalam proses pembelajaran siswa yang awalnya pasif menjadi aktif dalam bekerjasama, bertanggungjawab, dan menghargai pendapat orang lain dalam kegiatan diskusi kelompok. Hasil penelitian menunjukan pada pra tindakan diperoleh ketuntasan 3 siswa atau 12% dan belum tuntas ada 21 siswa atau 88%. Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 75 nilai standar yang ditentukan. Pada siklus I diperoleh ketuntasan 9 siswa atau 37% dan belum tuntas ada 15 siswa atau 63%, artinya ada kenaikan hasil belajar pra tindakan ke siklus I. Pada siklus II mengalami kenaikan ketuntasan yaitu 21 siswa atau 87% dan belum tuntas ada 3 siswa atau 13%, dengan demikian ada kenaikan dari siklus I ke Siklus II. Hasil belajar pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan karena ≥75% siswa sudah mencapai KKM.
Kata kunci : Hasil Belajar IPS, Model Kooperatif Tipe Jigsaw.
File Selengkapnya.....Tag Favorit : skripsi xrf skripsi zakat pertanian Filsafat skripsi novel 99 cahaya di langit eropa skripsi 50 lembar bab 4 skripsi kualitatif bab i skripsi kualitatif judul skripsi d iv kebidanan Tips Skripsi skripsi bmt skripsi 5g skripsi k-nearest neighbor skripsi 50 responden isi bab v skripsi skripsi 7p
Baca Juga..
- 286. Pengaruh Tingkat Perhatian Orang Tua Dan Pemberian Penguatan Guru Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas Iv Sd
- 285. Upaya Meningkatkan Kemampuan Membaca Aksara Jawa Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Learning
- 284. Penerapan Pembelajaran Tematik Di Sd Negeri Cangkrep Kidul Kecamatan Purworejo
- 283. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Scramble Untuk Siswa Kelas V Sd
233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "233. Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V"
Posting Komentar