240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd
Baca Juga..
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) siswa kelas VB SD Negeri Tegal Panggung, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan media pop-up. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Tegal Panggung tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 21 siswa. Model penelitian yang digunakan adalah model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan dan observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Untuk menjamin validitas data, maka digunakan teknik triangulasi sumber.
Dalam kegiatan pembelajaran IPS menggunakan media pop-up, guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, dimana setiap kelompok mendapatkan buku pop-up yang berbeda-beda. Setiap siswa memperoleh lembar kerja siswa yang sesuai dengan materi pada media pop-up. Kemudian, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Dengan menggunakan media pop-up dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS, yaitu pada kondisi awal pratindakan hasil belajar rata-rata kelas sebesar 64,28 dengan persentase ketuntasan sebesar 42,86%. Setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I diperoleh hasil belajar rata-rata kelas sebesar 73,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 71% dan setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II diperoleh hasil belajar rata-rata kelas sebesar 80,47 dengan persentase kelulusan 80,95%. Hal ini berarti bahwa target penelitian untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan media pop-up mendapatkan nilai ≥ 70.
Kata kunci: media pop-up, hasil belajar IPS SD
File Selengkapnya..... Tag Favorit : skripsi 3 variabel skripsi online uny skripsi wortel skripsi d iv kebidanan klinik skripsi t b paru 2016 skripsi neural network skripsi filologi skripsi qualitative research skripsi 1 skripsi multimedia skripsi tentang instagram PTK skripsi valuasi ekonomi skripsi gelandangan dan pengemis skripsi ziarah kubur
Baca Juga..
- 284. Penerapan Pembelajaran Tematik Di Sd Negeri Cangkrep Kidul Kecamatan Purworejo
- 283. Peningkatan Hasil Belajar Pkn Melalui Model Pembelajaran Scramble Untuk Siswa Kelas V Sd
- 282. Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Di Sd Negeri
- 286. Pengaruh Tingkat Perhatian Orang Tua Dan Pemberian Penguatan Guru Terhadap Percaya Diri Siswa Kelas Iv Sd
240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd adalah yang barusan kamu baca.
PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA,
+GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI
,




Belum ada Komentar untuk "240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd"
Posting Komentar