240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd

Baca Juga..

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan  Sosial (IPS)     siswa  kelas VB  SD  Negeri  Tegal  Panggung, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta Tahun Ajaran 2016/2017 dengan menggunakan media pop-up. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB SD Negeri Tegal Panggung tahun ajaran 2016/2017 dengan jumlah 21 siswa. Model penelitian  yang digunakan  adalah model Kemmis dan Mc. Taggart, yang terdiri dari tahap perencanaan, tahap tindakan dan observasi, dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan analisis kualitatif. Untuk menjamin validitas data, maka digunakan teknik triangulasi sumber.
Dalam kegiatan pembelajaran IPS menggunakan media pop-up, guru membagi siswa menjadi tiga kelompok, dimana setiap kelompok mendapatkan buku pop-up yang berbeda-beda. Setiap siswa memperoleh lembar kerja siswa yang sesuai dengan materi pada media pop-up. Kemudian, perwakilan kelompok mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya di depan kelas. Dengan menggunakan media pop-up dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS,  yaitu  pada kondisi  awal pratindakan  hasil  belajar rata-rata kelas  sebesar 64,28  dengan  persentase  ketuntasan  sebesar 42,86%.  Setelah  dilaksanakan tindakan pada siklus I diperoleh hasil belajar rata-rata kelas sebesar 73,46 dengan persentase ketuntasan sebesar 71% dan setelah dilaksanakan tindakan pada siklus II diperoleh hasil belajar rata-rata kelas sebesar 80,47 dengan persentase kelulusan 80,95%. Hal ini berarti bahwa target penelitian untuk meningkatkan ketuntasan belajar siswa sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian yaitu 75% siswa yang mengikuti pembelajaran IPS dengan menggunakan media pop-up mendapatkan nilai ≥ 70.

Kata kunci: media pop-up, hasil belajar IPS SD 
File Selengkapnya.....


Tag Favorit : skripsi 3 variabel skripsi online uny skripsi wortel skripsi d iv kebidanan klinik skripsi t b paru 2016 skripsi neural network skripsi filologi skripsi qualitative research skripsi 1 skripsi multimedia skripsi tentang instagram PTK skripsi valuasi ekonomi skripsi gelandangan dan pengemis skripsi ziarah kubur

240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd adalah yang barusan kamu baca.

PESAN SEKARANG Kumpulan Contoh Skripsi/Tesis bisa Request Sesuai Topik Judul yang di Butuhkan Caranya silahkan chat WA, +GRATIS BANTUAN TEKNIS KONSULTASI DAN BIMBINGAN GARANSI LOLOS CEK PLAGIASI ,

Senin 31 Maret 2025
240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd 240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd 240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd 240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd

Artikel Terkait

Belum ada Komentar untuk "240. Peningkatan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (Ips) Dengan Menggunakan Media Pop-Up Pada Siswa Kelas Vb Sd"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel